Share

Gunting Merk Kasur Bikin Sial saat Tidur Cuma Mitos, Juga 6 Mitos Lainnya

Firda Janati, Okezone · Rabu 12 September 2018 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 12 196 1949506 gunting-merk-kasur-bikin-sial-saat-tidur-cuma-mitos-juga-6-mitos-lainnya-vyGnLZjQRL.jpg Kebiasan sebelum tidur yang ternyata cuma mitos (Foto:Ist)

SETIAP orang pasti memiliki kebiasaan sebelum tidur yang bertujuan untuk bisa tidur dengan nyenyak. Seperti minum susu sebelum tidur, tidak mau tidur siang karena takut akan menganggu waktu tidur dimalam hari, atau bahkan tidak mau makan keju sebelum tidur karena takut terjadi mimpi buruk.

Tetapi, apakah Anda tahu dari mana asal kebiasaan tersebut? Dan apakah hal tersebut merupakan fakta? Kebiasaan-kebiasan tesebut ternyata hanyalah mitos belaka loh. Tak percaya? Okezone telah melansir dari Menhealth, Rabu (12/9/2018) ada 7 hal yang sering dipercayai banyak orang mengenai kebiasaan tidur.

 6 Khasiat Pakai Kaus Kaki Isi Irisan Bawang Merah Sebelum Tidur

1. Tidur efektif minimal 8 jam

Hal ini merupakan salah satu kebiasaan yang sering dipercayai banyak orang. Tidur yang cukup dan baik untuk kesehatan minimal adalah 8 jam. Benarkah? Ternyata hal ini merupakan mitos. Berapa banyak waktu tidur seseorang tergantung dari berbagai faktor. Salah satunya adalah faktor genetik. Istirahat yang cukup sebelum tidur juga dapat memberikan Anda tidur ideal, walaupun tidak mencapai 8 jam.

“Kebutuhan tidur setiap orang itu berbeda. Berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk tidur tergantung dari berbagai faktor, misalnya adalah faktor genetik", kata dr. Neil Stanley yang dikutip Okezone dari The Independent.

2. Minum susu sebelum tidur.

Kebiasaan ini biasanya dilakukan oleh anak-anak. Tak jarang, orang dewasa juga melakukannya. Awal mula minum susu sebelum tidur karena iklan yang ditampilkan oleh beberapa iklan susu populer. Salah satunya adalah iklan Happy Gilmore.

 

Menurut Universitas Arkansas, Amerika Serikat. Susu dinilai mengandung asam amino untuk hormon serotonin dan melatonin dalam tubuh yang membantu untuk tidur. Namun kandungan tryptophan yang terdapat pada susu tidak membuat rasa kantuk.

3. Makan keju sebelum tidur dapat menyebabkan mimpi buruk


Meskipun orang sering menganggap keju sebagai sarana untuk mengantarkan mimpi buruk. Ahli gizi Joy Dubost, R.D, mengatakan tidak ada bukti yang cukup untuk mendukung hal ini. Para peneliti percaya bahwa orang yang sensitif terhadap laktosa sulit untuk tidur karena mengonsumsi susu atau keju. Hal tersebit yang membuat perut kembung, kram, dan sering buang gas. Bukan mimpi buruk

4. Tidur siang membuat sulit tidur di malam hari

Ada beberapa orang yang percaya bahwa tidur siang dapat memperburuk kualitas tidur pada malam hari. Namun nyatanya istirahat siang yang cukup dan tak berlebihan tidak menganggu tidur pada malam hari.

Menurut National Sleep Foundation, tidur siang pada selama 20 menit pada siang hari adalah hal yang baik, dan tidak akan berpengaruh dalam kualitas tidur Anda pada malam hari.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

5. Melepaskan tag kasur

Sebagian orang dewasa di Amerika Serikat tidak memotong tag kasur mereka. Karena dianggap akan membawa sial dalam tidur. Tapi kenyataannya Anda bisa melepaskan tag tersebut tanpa rasa takut. Livescience mengatakan bahwa tag pada awalnya dibuat pada tahun 1900-an. Pemerintah setempat percaya bahwa tujuan perusahaan tersebut membuatnya karena banyak perusahaan yang menggunakan kasur bekas yang telah dibuat menjadi "baru" kembali.

 Lagi Asyik Bercinta Tiba-Tiba Pacar Pulang, Pria Ini Terpaksa Sembunyi di Kolong Tempat Tidur Selama 14 Jam

6. Rasa kantuk disebabkan karena kurang tidur

 

Banyak orang beranggapan bahwa rasa kantuk datang karena kurang tidur. Tidur 8-9 jam tidak akan menjauhkan Anda dari rasa kantuk. Orang yang menderita sleep apnea (gangguan pada saat tidur), menyebabkan mereka berulang kali bangun sepanjang malam. Hal tersebut membuat sulit tidur nyenyak. Oleh karena itulah yang menyebabkan rasa kantuk pada malam hari.

 

7. Hanya sebagian orang yang mimpi di malam hari

Menurut Better Sleep Council, sekitar 122 juta orang di Amerika percaya bahwa sebagian orang tidak bermimpi. Namun, peneliti mengatakan bahwa setiap orang pasti bermimpi setiap malam. Bahkan, rata-rata orang bermimpi hingga 4-6 kali per-malam ketika mereka memasuki tidur REM. Peneliti tetapi tidak mengetahui mengapa ada beberapa orang mampu mengingat mimpi secara detail dibanding yang lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini