nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Fakta Unik Seputar Bayi Kembar, Nomor 3 Jarang Diketahui Orang!

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Kamis 13 September 2018 05:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 12 481 1949602 6-fakta-unik-seputar-bayi-kembar-nomor-3-jarang-diketahui-orang-KzOJPyt676.jpg Ilustrasi (Foto: Sheknows)

SETIAP pasangan yang telah menikah tentunya sangat mendamba-dambakan kehadiran buah hati. Bahkan, banyak orang yang menginginkan untuk memiliki anak kembar. Karena, hingga saat ini, memiliki anak kembar merupakan sesuatu yang masih jarang dialami dan terbilang unik.

Berbicara mengenai anak kembar, ternyata ada banyak sekali hal-hal yang menarik yang dapat dibahas dan belum diketahui oleh banyak orang. Dilansir dari Readersdigest, Kamis (13/9/2018), berikut beberapa fakta menarik tentang anak kembar yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Lahir dari ayah yang berbeda.

Hal ini bukanlah yang tidak mungkin terjadi. Seorang bayi kembar bisa lahir dari ayah yang berbeda ketika seorang wanita berhubungan seks dengan lebih dari satu pria selama ovulasi. Sperma dari tiap orang masuk ke dalam sel telur, dan kemudian menghasilkan bayi kembar. Hal ini sangat jarang terjadi pada manusia dan umumnya terjadi pada anjing maupun kucing.

2. Tubuh tinggi

Tingkat kelahiran untuk anak kembar telah meningkat 76% sejak tahun 1980. Sebuah penelitian Long Island Jewish Medical Centre menemukan bahwa wanita yang melahirkan bayi kembar atau kelipatan lainnya, rata-rata lebih dari satu inci lebih tinggi daripada wanita yang melahirkan satu anak saja.

bayi kembar

3. Tidak selalu kembar

Suatu kondisi yang sangat langka yang disebut superfetation terjadi ketika seorang wanita hamil terus mengalami menstruasi dan embrio membentuk yang kedua. Seringkali, janin yang dikandung terakhir lahir secara prematur, sedangkan janin yang dikandung pertama lahir normal. Namun, dalam beberapa kasus, mereka dapat lahir secara bersamaan. Maka dari itu, bayi yang lahir pada hari yang sama belum tentu kembar.

4. Berbicara dengan bahasa sendiri

Jika Anda mendengar anak kembar mengoceh, sebenarnya hal tersebut bisa menjadi cryptophasia. Cryptophasia adalah bahasa yang dikembangkan antara kembar dan hanya mereka yang dapat mengerti hal tersebut. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Institute of General Linguistics menemukan bahwa bayi kembar sering saling mempelajari kosakata. Penelitian ini memperkirakan bahwa hingga 40% dari kembar membuat bahsa mereka pribadi.

bayi kembar

5. Kembar terkadang seperti cermin

Ketika sel telur yang dibuahi terbagi lebih lambat dari biasanya, penampilan kembar identik dan sifat-sifat lainnya dapat saling bercermin. Misalnya, satu kembar mungkin memiliki anda lahir di lengan kirinya, sementara kembarannya memiliki tanda lahir disebelah kanan. Atau salah satu kembar mungkin tangan kanan dan yang satunya kidal.

6. Dapat memperpanjang usia

Peneliti Universitas Utah yang mempelajari catatan kelahiran dan kematian antara 1800 dan 1970 menemukan bahwa ibu yang melahirkan bayi kembar cenderung memiliki hidup yang lebih lama daripada ibu yang tidak melahirkan bayi kembar.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini