nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Metode Sunat untuk Anak-anak yang Terbilang Aman

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 12 September 2018 19:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 12 481 1949609 3-metode-sunat-untuk-anak-anak-yang-terbilang-aman-u2OzZR4ubD.jpg Ilustrasi (Foto: DOk.Okezone)

BAGI masyarakat Indonesia, sunat merupakan hal lazim bagi pria sebelum usia akil balig. Terlepas dari ajaran agama, sunat juga memberikan sederet manfaat kesehatan. Antara lain menurunkan risiko infeksi saluran kemih, menurunkan risiko dari kanker penis, dan membersihkan alat kelamin.

Ada berbagai metode sunat yang ditawarkan kepada masyarakat. Pilihan metode bergantung pada pasien dan preferensi dokter. Namun sebelum sunat dilakukan, ada baiknya orangtua mencari tahu lebih dalam dan memilih tenaga medis yang tepat. Jangan sampai mengalami kejadian yang menimpa seorang anak di Pekalongan.

Anak berinisial MI itu terpaksa kehilangan kepala alat kelaminnya saat disunat menggunakan metode laser. Listrik dengan cepat memotong alat sehingga tidak dapat disambung kembali. Sayangnya sunat itu dilakukan oleh seorang oknum yang bukan tenaga medis.

Berikut penjelasan mengenai beberapa metode sunat seperti yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Rabu (12/9/2018) :

Konvensional

Metode satu ini masih banyak digunakan oleh dokter dan mantri sunat. Biasanya sebelum melakukan metode sunat konvensional, akan dilakukan pembiusan terlebih dahulu. Kemudian kulit ujung Mr P diiris melingkar menggunakan gunting atau pisau khusus bedah. Setelah itu kulit Mr P yang terkelupas akan dijahit. Proses pengerjaannya membutuhkan waktu sekira 30-50 menit dan masa pemulihannya lumayan lama.

sunat

Electric cauter

Metode yang satu ini sering disebut sebagai sunat laser. Namun sebenarnya metode ini menggunakan alat seperti pistol yang dialiri listrik bukan sinar merah seperti laser. Saat listrik mengalir, ujung pistol yang terbuat dari logam akan panas dan memerah. Ketika itulah alat digunakan untuk menggunting ujung kulit Mr P tanpa berdarah karena panas yang langsung membekukannya. Metode ini tetap membutuhkan jahitan untuk menyambung kembali kulit Mr P. Tapi waktu pemulihannya lebih cepat. Proses pengerjaannya memakan waktu 10-20 menit.

sunat

3. Klem

Metode ini menggunakan tabung plastik khusus yang ukurannya menyesuaikan ukuran Mr P anak yang hendak disunat. Metode klem membuat kulit ujung Mr P dijepit dengan menggunakan alat sekali pakai. Kemudian kulit itu dipotong dengan pisau bedah. Metode ini tidak membutuhkan penjahitan. Hanya saja klem harus dipasang pada Mr P hingga luka mengering sekitar 3-6 hari. Proses pengerjaanya sekira 7-10 menit.

sunat

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini