nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Video Jenazah Kecemplung Kolam Ikan, Asli atau Palsu?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 13 September 2018 21:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 13 196 1950134 viral-video-jenazah-kecemplung-kolam-ikan-asli-atau-palsu-KyXjR6swXi.jpg Keranda Jatuh (Twitter)

MASYARAKAT Indonesia kembali digegerkan sebuah video viral yang menampilkan kejadian tragis saat sesosok jenazah terjatuh ke dalam kolam ikan. Dalam video yang diunggah oleh akun twitter @bacomanceu, 12 September 2018, terlihat sekumpulan warga yang tengah membawa keranda jenazah menuju lokasi pemakaman.

Namun saat hendak menyusuri tanjakan, keempat pria yang membawa keranda jenazah itu tiba-tiba terhempas tiupan angin yang sangat kencang, hingga membuat mereka tidak dapat menahan keseimbangan. Alhasil, keranda jenazah yang mereka bawa pun langsung terlempar ke sisi kiri jalan yang ternyata berdekatan dengan sebuah kolam ikan.

 Baca juga: Video Pocong Lagi Kasidahan, Adakah yang Asli di Antara Mereka?

Ironisnya, meski kolam telah diberi pagar pembatas, keranda jenazah yang mereka bawa itu jatuh tepat ke dalamnya. Suara teriakan warga terdengar keras saat jenazah yang telah dibungkus kain kafan itu tenggelam di dasar kolam.

Si pembawa jenazah kemudian berusaha memasuki area kolam untuk menngangkut jenazah tersebut. Meski terlihat nyata, video singkat berdurasi 20 detik ini ternyata berhasil menimbulkan perdebatan di kalangan netizen. Banyak yang mengatakan bahwa video itu merupakan hasil rekayasa semata yang diambil dari salah satu adegan sinema elektronik (sinetron).

 Baca juga: Nama-Nama Anak 90-an Ternyata Kembali Tren, Yuk Intip Apa Saja!

Keranda Jatuh

Namun, ada pula netizen yang mengaitkan kejadian tersebut dengan kondisi serta reaksi warga yang berada di lokasi. Salah seorang pengguna twitter mengaku bahwa video ini terlihat begitu nyata tidak seperti adegan-adegan sinetron Indonesia.

Indikatornya adalah rekasi polos seorang bocah laki-laki yang tiba-tiba muncul di depan kamera. Komentarnya ini langsung disambut oleh salah seorang netizen yang mengatakan, kondisi tempat dan reaksi yang ada di dalam video itu benar-benar terlihat nyata dan alami.

"Aku udah ulang beberapa kali videonya. Detik demi detik, seakan mayatnya pengen nyebur sendiri. Dan lagi, kalau boongan, mana mungkin ibu yang merekam melarang anaknya untuk maju saat payat sudah jatuh," tulis akun @rominoeste.

 Baca juga: Siapa Sangka Tokoh Terkenal Ini Punya Hubungan Saudara, Salah Satunya Barack Obama dan George Bush!

Asumsi ini semakin diperkuat dari tingkah laku para pembawa keranda yang dianggapnya hendak melindungi mayat, bukan malah menjantuhkan.

"Yang ngangkat keranda ngga ada yang aneh, malah semua berusaha lindungin kerandanya. Ngga ada tuh yang keliatan mau jatuhin itu keranda. Malah mayatnya yang seakan lompat keluar dari keranda," papar @rominoeste

Setelah memicu perdebatan hebat, seorang netizen mengunggah sebuah tangkapan layar yang diambil dari akun instagram @pojok_bogor. Dalam keterangan foto, diketahui bahwa video jatuhnya jenazah ke dalam kolam ikan itu ternyata hanya rekayasa semata.

"Video tersebut salah satu adegan film yang sengaja dibuat," tulis akun @pojok_bogor lengkap dengan link berita yang telah disiarkan oleh salah satu media lokal Bogor.

Hingga berita ini diturunkan, video itu telah di-retweet lebih dari 3.800 kali, dan berhasil menarik perhatian netizen untuk melontarkan komentar-komentar random mereka.

"Azab bermain mobile legend samapi lumpa maghrib-an," tulis akun @mozamuzen

"Syuting inimah, ibu-ibu yang dibelakang keliatan akting dan di akhir ada suara 'cut'," tulis akun @rachmadita

"Kayak nonton Rahasia Illahi gan," tulis akun heysquido

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini