Pilih Kepiting Segar Kuncinya di Bagian Ini

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Kamis 13 September 2018 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 13 298 1949977 pilih-kepiting-segar-kuncinya-di-bagian-ini-etXXcv7wOA.jpg Kepiting saus tiram (Foto:Ilustrasi/Unilever)

ANDA penggemar seafood dan sedang ingin mengolah seafood sendiri di rumah? Beberapa tips dari Chef Iwan Sulaiman dari Restoran The Holy Crab berikut bisa menjadi masukan dalam memilih kepiting segar agar hasil olahannya lebih sedap.

Jika membeli lokal yang dijual di pasar atau swalayan Anda akan menemukan kepiting yang berasal dari Kalimantan, Balikpapan, hingga Bangka. Apa pun jenis dan asalnya, pertama cek bagian matanya, apakah utuh dan bergerak.

 Jadi "Sugar Baby", Mahasiswi Ini Diberi Uang Jajan Hampir Rp15 Juta untuk Sepekan

Bagian mata yang masih bagus menandakan kepiting yang masih segar. Mengapa mata? Menurut Chef Iwan, mata semacam nadi untuk kepiting dianggap segar. Cek juga bagian tali kakinya. Kalau masih bisa melawan, berarti staminanya masih bagus dan itu berarti isi dagingnya masih bagus.

 Intip Keunggulan dari Wanita China, Selain Cantik Ternyata Ada Ciri-Ciri Lain Loh!

Cek juga bagian siku kepiting, apakah lembut dan jika ditekan akan kembung kembali, sehingga ketahuan bagian dalamnya memang padat. Tekan badannya, jika keras berarti daging di dalamnya padat, yang tidak bagus ketika ditekan terasa kopong.

Nah,setelah memilih kepiting segar, yuk jajal bikin satu resep olahan kepiting.

Dikutip dari buku Dapur Naga di Indonesia, karya Suryatini N. Ganie dan Myra Sidharta, berikut resep lengkap membuat kepiting saus tiram yang lezat.

 

Bahan

5 kepiting

3 siung bawang putih, haluskan

2 sdm minyak goreng, untuk menumis

 

Saus

2 sdm minyak ayam

200 ml air

1 sdt cuka

200 ml saus tiram

1 sdt kecap asin

1 sdm merica bubuk

1 sdt garam atau secukupnya

 

Cara membuat

1. Rebus kepiting hingga matang, kupas batoknya, ambil daging kemudian dipotong-potong;

2. Tumis bawang putih hingga harum, tambahkan kepiting. Masak hingga berwarna kecokelatan. angkat;

3. Membuat saus: tuangkan minyak ayam ke dalam wajan, tuangkan air, cuka, saus tiram, kecap asin, merica bubuk, dan garam;

4. Didihkan, masukkan kepiting, aduk rata. Angkat.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini