nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aogashima, Desa Idah nan Menakjubkan di Dalam Gunung Berapi

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 13 September 2018 06:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 13 406 1949696 aogashima-desa-idah-nan-menakjubkan-di-dalam-gunung-berapi-Ffevk1XWFA.jpg Aogashima. (Foto: Amusing Planet)

KALA mencari lingkungan tempat tinggal, semua orang tentu memilih pemukiman yang aman, tentram, nyaman, dan jauh dari bencana. Namun, pada kenyataannya tidak semua masyarakat di dunia ini berlaku demikian, sebab ada beberapa lokasi yang tidak wajar dijadikan tempat tinggal.

Salah satunya Anda bisa temui di Negeri Sakura, namanya Desa Aogashima. Desa ini merupakan sebuah pulau yang terbentuk dari kegiatan vulkanik gunung berapi. Dikutip Okezone dari laman Amusing Planet, Aogashima berada sekira 358 kilometer dari ibukota negara.

Pulau yang menjadi unik karena memiliki sebuah kawah gunung berapi raksasa yang sudah pasti berbahaya, malah dijadikan pemukiman warga. Masih dalam sumber yang sama, ternyata Aogashima adalah pulau dari kawah gunung berapi itu sendiri.

Baca Juga: 10 Pertanyaan dan Jawaban di Q&A Raden Rauf yang Paling Menohok Tapi Bikin Ngakak

Tidak cukup sampai situ saja, Aogashima tidak hanya sebuah kawah, tapi masih ada kawah di gunung berapi yang ukurannya lebih kecil. Sementara itu, Aogashima sendiri adalah gunung berapi kelas C yang aktif meskipun terakhir meletus pada 1780-an.

Uniknya, meskipun Aogashima sempat meletus hebat hingga memakan korban jiwa sekira setengah jumlah penduduk pulau dan membuat keberanian yang lainnya melempem hingga melarikan diri. Namun, setelah waktu berjalan dan kondisi mulai aman serta kondusif, warga lokal, penghuni kawah Aoghasima hanya membutuhkan waktu sekira 50 tahun untuk kembali.

Mengenal lebih dekat dengan Aogashima sebagai gunung, semula dia adalah sebuah gunung berapi bawah laut ang muncul dari laut dan bagian dari sebuah kawah besar yang tingginya antara 200 meter hingga 420 meter.

Meskipun telah diketahui Aogashima adalah kawah dan gunung yang muncul dari dalam laut, penduduk sekitar tetap percaya kampungnya itu adalah hasil tumpang tindih empat kaldera.

Baca Juga: Kucing Peluk HP karena Kangen sama Majikan yang Sudah Meninggal, Videonya Bikin Haru!

Bagi traveler yang kuat mendaki, ada sebuah spot ciamik di Pulau Aogashima, yaitu puncak tepi kawah luar yang memiliki ketinggian 432 meter di atas permukaan laut.

Bagaimana tidak, kabarnya titik puncaknya adalah tempat tertinggi dan bisa membuat Anda semakin bersyukur, karena panorama seluruh gunung berapi di Samudera Pasifik bisa terlukis dengan indahnya, dan belum lengkap menyambangi Pulau Aogashima kalau belum menikmati ketengannya sebagai pengsurvey dan jalan-jalan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini