nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Kebiasaan Buruk Jangan Dilakukan di Pagi Hari, Bisa Bikin Kamu Gemuk!

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 13 September 2018 09:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 13 481 1949773 4-kebiasaan-buruk-jangan-dilakukan-di-pagi-hari-bisa-bikin-kamu-gemuk-1mwEWjgD4K.jpg Sarapan Pagi (Foto: Thehealthsite)

Bangun pagi salah satu cara terbaik untuk memulai gaya hidup sehat. Tapi sayangnya, ada beberapa kebiasaan yang malah bikin kamu alami kegemukan.

Mungkin setelah bangun pagi kamu lupa minum air putih. Tapi langsung menyantap makanan karena perut keroncongan. Sebaiknya jangan, dampaknya bisa memicu risiko buruk dalam jangka panjang.

Atau malah karena terburu-buru pergi ke kantor karena bangun kesiangan, kamu malah tidak sarapan. Hindari ya, hal itu dapat memicu penimbunan lemak yang tak diinginkan.

Lalu, kebiasaan lain apa saja sih yang bikin badan kamu berisiko obesitas? Dilansir Okezone dari Thehealthsite, Kamis (13/9/2018), berikut lima kebiasaan buruk yang tak boleh dilakukan di pagi hari supaya tidak mengalami risiko kegemukan. Simak ulasannya dulu yuk sejenak!

Melewatkan sarapan

 

Sarapan adalah makanan pertama yang disantap sebelum beraktivitas. Kalau kamu melewatkan sarapan dapat mengacaukan metabolisme. Lalu, tubuhmu juga tidak punya kemampuan membakar lemak. Oleh karenanya, pilih beragam menu sarapan sehat yang baik untuk meningkatkan energi dan menstabilkan kadar glukosa darah ya!

Terbiasa minum teh manis dan minuman berkafein lain

 

Di pagi hari seharusnya kamu minum segelas air putih atau air lemon hangat. Asupan air membantu pencernaan, membantu menjaga suhu tubuh agar stabil, hingga menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Sementara kalau kamu pilih minuman berkafein jelas sulit dicerna oleh tubuh. Beberapa jam kemudian tubuh malah jadi lemas atau perut bakal mulas.

Kurang tidur di malam hari

 

Nambah tidur di pagi hari nikmatnya luar biasa. Tapi kebiasaan itu terjadi karena malamnya kamu mengalami kurang tidur. Lama-lama efek sampingnya bikin kamu kegemukan. Ada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE menemukan, seseorang yang tidur lebih dari 10 jam semalam memiliki indeks Massa tubuh lebih tinggi daripada mereka yang tidur 7-9 jam.

Tidak berjemur

Setelah kamu bangun di pagi hari, pergilah keluar dan berjemurlah di bawah sinar matahari. Cara ini jadi upaya penurunan berat badan yang efektif. Berdasarkan penelitian, sinar matahari membantu mempercepat laju metabolisme tubuh. Lalu, radiasi ultraviolet (UV) menekan obesitas, gejala sindrom metabolik, serta menambah asupan vitamin D.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini