nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati Jika Batasi Karbohidrat Pada Anak, Bisa Bikin Stunting!

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 13 September 2018 13:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 13 481 1949888 hati-hati-jika-batasi-karbohidrat-pada-anak-bisa-bikin-stunting-5ONX76vFjH.jpg Ilustrasi. (Foto: Eatright)

BIASANYA Orangtua sering salah kaprah memberikan makanan kepada anaknya. Karena ingin makan sehat, sampai ada yang tidak memberikan asupan karbohidrat.

Padahal, asupan karbohidrat untuk anak sangat bermanfaat. Selain menambah energi, dalam jangka panjang bisa mendukung tumbuh kembang anak.

Spesialis Anak dari RS Cipto Mangunkusumo Jakarta Dr dr Damayanti R Sjarif,SpA(K) mengungkapkan, tren diet yang beragam tanpa menambahkan asupan karbohidrat pada makan anak mulai diterapkan orangtua jangan diterapkan lagi. Sebab, dampaknya malah akan buruk bagi tumbuh kembang anak.

Baca Juga: Inovasi Posisi Misionaris Beri Kepuasan Maksimal saat Bercinta

"Banyak anak gizi buruk, ternyata banyak orangtua yang kasih makan anaknya tanpa karbohidrat. Akibatnya, protein banyak diserap tubuh sebagai energi," ujar di sela Media Gathering Nutricia di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (13/9/2018).

Menurut dia, di zaman sekarang masih banyak orangtua kurang pengetahuan terhadap pemilihan jenis makanan. Apalagi banyak yang ingin sehat dengan mengurangi karbohidrat. Alih-alih anak bukannya sehat, malah jadi kurang berenergi.

Ahli Nutrisi dan Penyakit Metabolik dari FKUI-RSCM itu menambahkan, banyak anak gagal tumbuh karena asupan makanannya kurang karbohidrat. Hal ini tentu disayangkan karena si kecil bisa mengalami gangguan tumbuh kembang.

Baca Juga: Rambut Bocah Ini Diikat Balon biar Enggak Hilang saat Belanja di Mal

Selain itu, sebut dr Damayanti, anak yang tidak cukup mendapat sumber karbohidrat sehari-hari, jadi mudah tertular penyakit. Sebabnya, sistem kekebalan tubuhnya lebih rendah daripada anak yang dapat sumber karbohidrat cukup."Kurang karbohidrat anak bisa ketularan penyakit apapun. Bisa juga salah satunya mengarah ke risiko stunting karena makannya tidak benar," terang dia.

Dia menyebutkan, anak-anak umumnya harus konsumsi makanan dengan jumlah 1.000 kalori. Nah, 30% di antaranya harus terdiri dari sumber karbohidrat. Asupan itu bisa didapat dari roti, mi, nasi, kentang, ubi, dan sebagainya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini