nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Penyebab Rambut Mudah Rontok dan Cara Mengatasinya

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 14 September 2018 21:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 14 194 1950722 kenali-penyebab-rambut-mudah-rontok-dan-cara-mengatasinya-UVNFt28Snd.jpg Ilustrasi (Foto: Jonssonprotein)

RAMBUT rontok merupakan salah satu masalah di kepala yang paling banyak dikeluhkan oleh para wanita. Jika kerontokan rambut itu terus berlanjut, tak ayal mampu membuat rasa percaya diri menurun.

Namun sebenarnya masalah rambut rontok tidak hanya dialami oleh wanita, tetapi juga pria. Jika rambut rontok hanya sesekali, hal itu masih wajar. Tetapi jika kerontokan terjadi berkali-kali dalam periode yang cukup lama atau rontok ratusan helai dalam satu hari, artinya Anda harus mencari cara untuk mengatasinya.

Rambut rontok bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah paparan cuaca dan polusi. Namun faktor dari dalam diri hingga perawatan juga berpengaruh.

"Banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Mulai dari faktor luar seperti cuaca dan polusi, hingga faktor dari dalam diri kita sendiri seperti faktor usia, penggunaan sampo atau produk rambut yang kurang tepat atau tingkat imun dan stres," ujar dr. Dody Budiarso, Director Natasha Skin Clinic Center, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (14/9/2018).

 (Baca Juga:Atraksi Pembuatan Teh ala India, Meski Dikocok Terbalik Tidak Tumpah!)

Untuk perawatan rambut, menurut dr. Dody, harus disesuaikan dengan kebutuhan. Meski terdengar sepele, namun sangat penting untuk memilih produk yang diformulasikan khusus untuk jenis rambut agar senantiasa sehat dan indah.

"Karena seperti halnya kulit wajah, setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda. Artinya, permasalahan yang muncul pasti juga berbeda, sehingga berbeda pula cara merawatnya," lanjut dr. Dody.

 (Baca Juga:Tampil Stylish dengan Kaus ala Vanesha Prescilla, 5 Ide Bisa Disontek untuk Weekend)

Salah satu kandungan sampo yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok adalah ekstrak soy bean dan ginseng. Kandungan keduanya dapat membantu menutrisi kulit kepala untuk mengurangi kerontokan, memperkuat akar dan struktur rambut, melindungi folikel, serta menghambat perkembangan DHT (Dihydrotestosteron) yang menjadi penyebab kerontokan rambut.

Selain menggunakan produk untuk rambut rontok, Anda juga bisa menggunakan serum rambut hair growth yang mengantuk ekstrak Pisum Sativum dan Red Clover untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Anda juga bisa melanjutkan perawatan lagi dengan hair mesotheraoy yang mengandung Mesogun untuk memasukkan serum botanikal ke dalam kulit kepala. Produk ini berfungsi untuk mengurangi dan mencegah kerontokan rambut, menjadikan rambut lebih kuat dan lebat, juga memperlancar sirkulasi peredaran darah di kulit kepala.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini