nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Tanda Anda Mulai Alami Gangguan Kecemasan, Coba Diperiksa Sebelum Terlambat

Fienca Amelia , Jurnalis · Jum'at 14 September 2018 14:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 14 196 1950411 10-tanda-anda-mulai-alamai-gangguan-kecemasan-coba-diperiksa-sebelum-terlambat-BaDoqNSBCr.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KECEMASAN merupakan gangguan yang menyerang mental. Jika tidak ditangani segera, kecemasan akan menjadi parah. Rasa cemas akan muncul saat memiliki banyak pekerjaan di kantor yang membuat Anda menjadi stress.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi kecemasan selain datang dan berkonsultasi dengan terapis. Anda harus mengenali tanda-tanda gangguan kecemasan yang dapat berfungsi. Okezone melansir dari Bustle, inilah 10 tindakan yang menunjukkan bahwa Anda memiliki kecemasan yang tinggi.

1. Persiapan berlebihan

Meskipun sangat baik untuk merencanakan seperti apa hari Anda, mungkin akan terlihat berlebihan terutama jika Anda memiliki kecemasan. "Ada garis tipis antara terorganisir dan mempersiapkan secara berlebihan," jelas Dr. Helen Odessky, seorang psikolog klinis berlisensi dan penulis Stop Anxiety From Stopping You.

Jika Anda sampai menunda waktu tidur, Anda mungkin memiliki kecemasan yang tinggi. Cara ini biasanya digunakan untuk mengurangi rasa cemas.

Baca Juga: Jadi "Sugar Baby", Mahasiswi Ini Diberi Uang Jajan Hampir Rp15 Juta untuk Sepekan

2. Mengulang-ulang Acara

Jika Anda memiliki kecemasan yang tinggi, jangan heran jika Anda menghabiskan sebagian besar malam Anda untuk memutar ulang peristiwa hari itu.

"Orang-orang dengan kecemasan akan sering menggunakan keheningan yang tenang dan relatif dari waktu malam untuk meninjau semua hal yang terjadi hari itu," kata Dr. Lee.

3. Mengalihkan Diri dengan gadget

Meskipun tidak masalah untuk menonton TV atau mengecek media sosial sebelum tidur, itu bisa menjadi tanda kecemasan.

"Kadang-kadang cara mengatasi kecemasan adalah dengan menenangkan diri lewat browsing media sosial, tanpa berpikir panjang menggunakan ponsel atau tablet, daripada tidur cukup yang benar-benar membantu mengurangi kecemasan," kata David A. Songco, PsyD, CGP, seorang psikolog klinis berlisensi.

Baca Juga: 5 Wanita yang Miliki Perut Sixpack, Bikin Pria-Pria Sakit Kepala

4. Terlalu sering menjaga kebersihan

Saat mengalami gelisah, membereskan kamar Anda mungkin akan membantu mengurangi rasa gelisah. Kebiasaan memang bagus, tapi jika Anda membersihkan rumah secukupnya.

Tetapi jika aktivitas membersihkan rumah malah memakan waktu yang intens, jangan takut untuk mencari bantuan terapis, untuk mengetahui apa ini adalah bentuk kevemasan.

5. Butuh waktu lama untuk tidur

Jika Anda sulit tidur, itu bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti terlalu banyak minum kopi yang membuat Anda terjaga. Jika Anda berpikir tentang proyek besar di tempat kerja, pikiran Anda mungkin tidak akan berhenti.

"Ketidakmampuan untuk merasa nyaman, dan kesulitan untuk tertidur dalam 25 menit pertama saat berbaring di tempat tidur adalah tanda-tanda umum kecemasan awal," kata Songco.

6. Bekerja Sampai Larut Malam

Jika Anda tidak dapat berhenti bekerja hingga larut malam, ini merupakan tanda-tanda kecemasan. Anda mungkin memeriksa email, meskipun sudah tengah malam, atau mengerjakan proyek, meskipun Anda harus tidur.

"Karena Anda tidak ingin sendirian dengan pikiran Anda, Anda telah mengembangkan kebiasaan untuk tidak pernah sibuk. Orang mungkin menganggap Anda sebagai pekerja keras atau gila kerja, tetapi Anda benar-benar hanya mencoba mengalihkan perhatian Anda dari pikiran menyendiri," kata Dr. Lee.

7. Grinding Gigi

Mungkin terdengar aneh, tetapi banyak orang dengan kecemasan berfungsi dengan grinding gigi mereka di malam hari saat mereka di tempat tidur.

"Memainkan gigi dapat menjadi tanda kekhawatiran. Sebaiknya periksa dengan dokter gigi untuk memastikan bahwa ini memang terjadi karena kecemasan, atau menggertakkan gigi jika sering mengalami nyeri rahang," kata Liz Witmer, PhD, psikolog klinis berlisensi.

8. Memiliki Pikiran Buruk

Kecemasan dapat menyebabkan Anda merenungkan "skenario kasus terburuk", itulah sebabnya mengapa Anda menghabiskan banyak malam Anda mengkhawatirkan semua hal yang mungkin salah dengan hidup Anda.

"Anda perlu menyisihkan 30 menit untuk memikirkan masalah tersisa untuk dipecahkan atau yang ada di pikiran Anda. Anda perlu waktu untuk membuat daftar pendek untuk solusi yang dapat Anda ambil, guna mengatasi masalah tersebut di lain waktu,” kata Whitmer

9. Berbicara Dalam Tidur Anda

Jika pasangan atau teman sekamar berbicara atau berteriak saat sedang tidur, perhatikan. Pasalnya, berbicara dalam tidur kerap menjadi tanda kecemasan.

"Sulit untuk memperhatikan diri sendiri, kecuali Anda bangun sendiri karena berbicara atau bahkan berteriak keras. Tetapi, teman Anda bisa mengidentifikasi ini dan mengabarkannya kepada Anda," kata Liz.

10. Tidur Dengan TV Menyala

Jika Anda perlu stimulus untuk bisa tidur, itu mungkin merupakan tanda kecemasan. Kebiasaan paling umum adalah harus tidur dengan acara TV, podcast, atau radio yang masih menyala.

"Begitu banyak orang menggunakan strategi coping maladaptif ini, sehingga saya menambahkan pertanyaan ini. Tujuan strategi ini adalah untuk menenangkan pikiran-pikiran cemas yang muncul secara alami," jelas psikolog klinis Elizabeth Cohen, PhD.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini