5 Cara Memasak Unik Tanpa Menggunakan Kompor

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 15 September 2018 00:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 14 298 1950433 5-cara-memasak-unik-tanpa-menggunakan-kompor-cjgH8ulwNq.jpg Membuat sandwich menggunakan setrika (Foto: Pinterest)

KREATIVITAS dibutuhkan seseorang dalam berbagai aspek termasuk menyangkut hal memasak. Ya, tidak selamanya masak harus menggunakan peralatan dapur. Bila sedang tidak ada berada di rumah dan membutuhkan makanan, Anda bisa memanfaatkan benda-benda sekitar untuk memasak.

Tidak percaya? Simak fakta seputar cara unik memasak seperti yang dikutip Okezone dari India Times, Sabtu (15/9/2018) berikut ini :

1. Memanggang sandwich keju dengan setrika

Ingin makan sandwich panggang tapi tidak punya alatnya? Tenang, Anda bisa memanfaatkan handuk, kertas, dan setrika panas. Bungkuslah sandwich dengan kertas. Kemudian letakkan di antara handuk yang telah dilipat. Setelah itu, setrika bagian atas handuk dan bawahnya hingga keju meleleh. Sandwich panggang siap dinikmati.

(Baca Juga:Pria Wajib Baca! 10 Cara Membuat Perasaan Pasangan Lebih Baik saat Menstruasi)

2. Memanggang kue kering di dashboard

Dashboard mobil bisa dimanfaatkan sebagai oven. Caranya parkir mobil di tempat yang panas dan terpapar sinar matahari langsung. Kemudian letakkan loyang yang telah berisi adonan cetakan kue. Tunggu selama 15 menit dan kue akan terpanggang persis seperti di oven.

Biarpun warnanya sedikit pucat, namun rasanya dijamin tidak kalah nikmat. Tapi ingat, cara ini baru bisa dilakukan bila suhu udara mencapai 35°C. Sedangkan udara panas yang terperangkap di dalam mobil setidaknya harus 165°C. Gunakan bantuan termometer untuk menganalisanya.

(Baca Juga:5 Wanita yang Miliki Perut Sixpack, Bikin Pria-Pria Sakit Kepala)

3. Memasak ikan dengan mobil yang berjalan

Tahukah Anda bahwa ikan dapat matang sempurna hanya dengan meletakkannya di belakang mesin mobil yang berjalan? Caranya adalah membungkus ikan berbumbu dengan aluminium foil dan kemudian letakkan di belakang mesin. Kemudian kendarai mobil kurang lebih 40 menit. Panas dari mesin dapat membuat ikan menjadi matang. Bila ingin mengambilnya gunakan sarung tangan.

4. Memasak telur di atas kertas

Mungkin tampaknya biasa saja, namun alat memasak yang digunakan bukanlah kompor melainkan api unggun. Satu hal yang unik adalah langsung meletakkan kertas yang berisi telur di atas api unggun tanpa terbakar. Bagaimana bisa?

Caranya, letakkan bacon atau daging asap di atas kantung kertas. Kemudian pecahkan dua butir telur di atas daging. Lalu tutup bagian atas tas dan letakkan di atas api dengan bantuan tongkat. Lemak dari bacon mencegah kantung terbakar.


5. Memasak di atas batu

Bagi masyakat Papua, memasak di atas batu merupakan tradisi yang sering dilakukannya. Cara melakukannya adalah membakar batu hingga panas. Selanjutnya batu panas dimasukkan ke lubang yang cukup dalam dan sudah diberi alas daun pisang serta alang-alang.

Daun pisang dan alang-alang berguna untuk menghalangi uap panas pada batu untuk menghilang. Kemudian, babi yang telah diburu akan diletakkan di atas batu hingga matang. Biasanya dimasak pula sayur-sayuran dan ubi jala.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini