nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Masak ala Jepang yang Makanannya Paling Sehat Sedunia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 16 September 2018 20:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 14 298 1950508 tips-masak-ala-jepang-yang-makanannya-paling-sehat-sedunia-hBe4lSgEu3.jpg Makanan Jepang menyehatkan (Foto:Ist)

MENURUT penelitian, manusia rata-rata dapat bertahan hidup berusia 71 tahun. Uniknya, fakta ini ternyata tidak berlaku bagi masyarakat Jepang. Penduduk Negeri Sakura ini dilaporkan memiliki harapan hidup hingga 83,7 tahun. Bahkan, salah satu daerah di kawasan Okinawa dikenal dengan sebutan “Tanah Keabadian” karena memiliki lebih dari 400 centenarian (seseorang yang telah hidup selama lebih dari 100 tahun).

Hal ini tidak terlepas dari kebiasaan penduduk Jepang yang menerapkan praktik makan sehat sejak mereka berusia belia. Selain itu, teknik pengolahan makanan pun menjadi salah satu kunci utama mengapa mereka cenderung hidup lebih lama. Penasaran, seperti apa orang-orang jepang mengolah menu makanan sehari-hari mereka? Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Okezone dari Times of India.

 Jadi "Sugar Baby", Mahasiswi Ini Diberi Uang Jajan Hampir Rp15 Juta untuk Sepekan

Teknik memasak

Orang-orang Jepang jarang sekali menggunakan minyak goreng, dan selalu menggunakan teknik slow-cooking, mengukus, merebus, dan memfermentasi makanan mereka. Teknik tersebut dipercaya dapat mempertahankan nilai gizi yang terkandung pada makanan.

 

Tampilan yang menarik

 

Sebagian besar makanan Jepang disajikan dengan bentuk yang sangat unik dan menarik. Orang Jepang juga tidak sembarangan memiliki warna makanan, karena hal tersebut dipercaya dapat menstimulasi rasa lapar, dan memuaskan semua panca indra.

Rendah kalori

Jika Anda berpikir mengurangi kalori sangat sulit untuk dilakukan, mulailah dengan mengonsumsi makanan Jepang. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Florida, rata-rata orang Jepang mengonsumsi makanan yang memiliki kadar kalori lebih rendah hingga 25% dibandingkan orang-orang di seluruh dunia.

 

Ukuran makanan

Tidak seperti makanan lain, makanan Jepang cenderung disajikan dalam piring atau mangkuk berukuran kecil. Menurut pakar kesehatan, teknik inilah yang membuat mayoritas penduduk Jepang memiliki umur yang panjang, dan lebih mudah dalam menurunkan berat badan. Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa, ketika makanan disajikan dalam jumlah banyak, orang-orang juga akan mengonsumsi lebih banyak, terlepas apakah mereka dalam kondisi lapar atau tidak.

Beras sebagai makanan pokok

Sama seperti di Indonesia, salah satu makanan pokok orang Jepang adalah nasi. Mereka bahkan bisa makan nasi hingga 6 kali lebih banyak dibandingkan penduduk negara lain. Beras yang diklaim sebagai makanan rendah lemak dan kalori juga dipercaya dapat menjadi sumber energi utama mereka.

Dian Sastro Posting Masak Nasi Goreng, Netizen Ramai Komentari Hal Janggal di Fotonya!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini