nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Bikin Ayam Goreng Sambal Gepuk Ekstra Pedas

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 15 September 2018 06:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 14 298 1950510 tips-bikin-ayam-goreng-sambal-gepuk-ekstra-pedas-oUnPnq8J7v.jpg Ayam Gepuk (Foto: Hellomella)

MASYARAKAT Indonesia bisa dibilang merasa makan sehari-hari belumlah afdol jika makan tanpa cita rasa pedas.

Mengingat penduduk Indonesia kebanyakan begitu suka dengan pedas, maka dari itu kehadiran sambal jadi salah satu pelengkap utama di piring makanan sehari-hari. Saking digemarinya, hidangan sederhana yang disajikan dengan sambal, contohnya ayam gepuk atau nama lainnya ayam geprek yang khas dengan sambal super pedasnya hadir ramai di mana-mana dan laris dibeli pembeli.

Membuat sambal gepuk atau sambal geprek sendiri, sebetulnya tidaklah sulit. Namun, ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar sambal gepuk bisa terasa lezat di lidah. Apa saja tipsnya? Merangkum dari berbagai sumber, Sabtu (15/9/2018) yuk dibaca dulu ulasan singkat tips membuat sambal gepuk ekstra pedas beserta cara memasak lauknya di bawah ini.

1. Jumlah cabai: Mengingat yang hendak dibuat adalah sambal gepuk ekstra alias super pedas, maka jumlah cabai yang dipakai juga cukup banyak. Jumlah cabai yang dipakai bisa mulai dari 15 buah hingga 33 buah cabai.

2. Jenis cabai : Jika melihat resep-resep ayam gepuk, cabai yang digunakan adalah jenis cabai rawit merah. Bukan cabai keriting atau cabai jenis lainnya. Maka ketika hendak membuat sambal gepuk ekstra pedas, gunakanlah cabai rawit merah yang memang punya rasa pedas mengigit.

3. Tidak perlu tomat : Sambal ayam gepuk pada dasarnya disebutkan tidak perlu ditambahkan tomat. Mengapa? Tujuannya agar tekstur sambal nantinya tidak terlalu basah. Sambal gepuk, termasuk yang ekstra pedas bahan-bahannya hanya memerlukan bawang putih, cabai rawit merah, dan garam saja. Untuk menyeimbangkan rasa, bisa ditambahkan gula pasir secukupnya sampai rasa pedas dan manisnya keluar. Simpel bukan?

4. Diulek : Sambal gepuk dibuat dengan cara konvensional, yakni diulek di atas cobek batu. Bukan seperti sambal lainnya, yang digiling. So, membuat sambal gepuk ini tidak perlu yang namanya digiling sampai halus.

Nah, jika di atas sudah dipaparkan singkat tips membuat sambel gepuk ekstra pedas. Bagaimana cara membuat lauknya? Berikut uraian singkat cara membuat ayam sambel gepuk ekstra pedas, seperti disitat Resepdapurresepi.

 

Bahan utama;

500 gram daging ayam yang telah dipisahkan dari tulangnya;

Bahan bumbu;

1 buah jeruk nipis

Tepung bumbu secukupnya

Bahan sambal gepuk ekstra pedas;

3 siung bawang putih;

33 cabe rawit merah atau sesuaikan dengan level pedas yang diinginkan;

1 sendok teh gula pasir;

Garam halus secukupnya;

Cara membuat;

1. Lumuri daging ayam dengan jeruk nipis, aduk terus sampai mrata lalu diamkan kurang lebih lima menit

2. Siapkan cobek batu lalu ulek cabe rawit merah, bawang putih dan garam halus secukupnya;

3. Tidak perlu digiling sampai halus, kasar saja sudah cukup. Kemudian tambahkan gula pasir, ulek lagi hingga rata. Tes rasa sambal jika terasa kurang manis tambahkan gula secukupnya dan sebaliknya jika terasa kurang asin;

4. Siapkan piring, lalu ambil 1 sendok makantepung bumbu lalu larutkan dengan air putih, sisihkan adonan basah ini sebentar;

5. Siapkan wadah piring lain untuk tepung bumbu kering;

6. Lumuri ayam dengan adonan basah sampai rata setelah itu lumuri dengan tepung bumbu yang kering;

7. Siapkan wajan, tuang minyak goring secukupnya. Panaskan minyak goreng ayam hingga matang dan cukup gunakan api kecil; Setelah matang angkat dan tiriskan ayam;

8. Kemudian tuang kurang lebih 2 sendok makan minyak bekas menggoreng ayam tadi kemudian ulek sebentar agar minyak tercampur rata;

9. Geprek ayam di atas cobek sambal tadi. Ratakan sambal dengan menggunakan sendok lalu geprek kembali sehingga sambal masuk ke bagian dalam daging ayam;

10. Voila! Ayam gepuk ekstra pedas siap disantap dengan nasi hangat. Selamat mencoba.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini