nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Atraksi Pembuatan Teh ala India, Meski Dikocok Terbalik Tidak Tumpah!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 14 September 2018 18:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 14 298 1950597 atraksi-pembuatan-teh-ala-india-meski-dikocok-terbalik-tidak-tumpah-zideIqbrmq.jpg Atraksi orang India bikin teh (Foto:Ilustrasi/Tatacliq)

TIAP negara di seluruh dunia memiliki hidangan dan minuman khas yang mencirikan daerahnya. Tidak jarang pula cara mengolah atau menyajikannya pun memiliki cara tersendiri yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Seperti momen yang dibagikan oleh seorang koresponden BBC Global bernama Megha Mohan saat bertandang ke India. Dalam media sosial Twitternya, Megha membagikan sebuah video penyajian minuman tradisional di kawasan Ponnani, Kerala, India.

 Dian Sastro Posting Masak Nasi Goreng, Netizen Ramai Komentari Hal Janggal di Fotonya!

Lewat rekaman video yang diabadikan Megha, mula-mula nampak empat buah gelas berisi minuman penuh teh di atas meja. Namun, minuman tersebut tidak bisa langsung diminum begitu saja, karena mesti dicampurkan terlebih dahulu dengan cara dikocok.

Coba tebak bagaimana cara mengocoknya? Ya, tidak menggunakan penutup dan langsung dilakukan meskipun hanya menggunakan gelas dan tangan kosong saja. Seorang pria warga lokal menunjukkan langsung penyajiannya yang busa dibilang atraksi langka.

Uniknya, minuman chai alias teh itu dikocok secara vertikal bahkan membaliknya. Tapi, dengan kemampuan yang dimiliki dan bahan-bahan yang tercampur pas, cairan yang ada dalam gelas semula berwarna gelap tersebut sama sekali tidak ada yang tumpah, utuh bersama busa yang ada di atasnya.

Melihat atraksi penyajian yang membutuhkan kemampuan tingkat tinggi ini pun Megha langsung membagikan pengalamannya itu pada beberapa hari lalu. Sontak saja netizen yang melihat peristiwa cara penyajian tersebut menarik perhatian sampai satu juta kali lebih penayangan, 18 ribu kali retweet, dan 46 ribu suka, sekaligus ribuan otak kebingungan, dan bertanya-tanya bagaimana hal yang baru saja dilihatnya bisa terjadi.

 5 Zodiak Ini Terkenal Tukang Bohong, Anda Masuk Daftar Gak?

Menurut Megha yang juga menulisnya dalam laman The Kitchn yang Okezone lansir pada Jumat (14/9/2018), sebenarnya pria itu tidak sepenuhnya menggunakan telapak tangan untuk menjaga gelas penuh 100 persen dan ternyata masih menumpahkan sedikit sekali tetesan teh. Megha menuliskan, pria yang mengocok teh tersebut menggunakan banyak konsep ilmiah untuk mencampur teh, yang sangat sulit jika bukan ahlinya.

Megha sendiri pun mengaku sempat mencoba teh serupa yang saat dikocok malah tumpah dan berceceran ke lantai. Menurutnya, pria tersebut menggunakan tiga konsep ilmiah, seperti immiscibility, gaya sentripetal, dan sifat busa.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini