nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makanan yang Enak Dinikmati Setengah Matang, Sehat atau Tidak?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 16 September 2018 21:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 14 298 1950640 makanan-yang-enak-dinikmati-setengah-matang-sehat-atau-tidak-UWh1zmVDVg.jpg Steak enak dinikmati setengah matang (Foto:Shutterstock)

SETIAP makanan memang memiliki keunikan masing-masing. Mulai dari teknik pengolahannya yang terkadang memakan waktu hingga berjam-jam, hingga teknik penyajiannya yang tidak boleh sembarangan. Contoh kecilnya adalah ketika Anda hendak membuat olahan steak.

Makanan ini memiliki tingkat kematangan yang berbeda-beda, bahkan ada yang disajikan dalam kondisi nyaris mentah. Kembali lagi tergantung dari selera penikmatnya. Ada yang menyukai makanan setengah matang, ada juga yang lebih menyukai makanan yang disajikan dalam kondisi matang seutuhnya.

Ya, seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat pun kini tak hanya mengonsumsi makanan yang sudah matang dengan sempurna saja. Ada beberapa jenis makanan yang menurut mereka lebih nikmat disantap dalam kondisi setengah matang. Apa saja makanan tersebut? Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Okezone dari berbagai sumber, Minggu (16/9/2018).

(Baca Juga: 5 Wanita yang Miliki Perut Sixpack, Bikin Pria-Pria Sakit Kepala)

(Baca Juga: 5 Gaya Sosialita Penjual Tas Hermes Nina Kaginda, Harga Bajunya Ratusan Juta!)

 

(Baca Juga: Jadi Sugar Baby, Mahasiswi Ini Diberi Uang Jajan Hampir Rp15 Juta untuk Sepekan)

Telur setengah matang

Konon katanya, mengonsumsi telur ayam kampung yang disajikan dalam kondisi setengah matang dipercaya dapat meningkatkan stamina. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa makanan ini kaya protein dan nutrisi esensial lainnya. Tak ayal jika banyak masyarakat Indonesia yang memilih telur setengah matang dibandingka olahan telur yang benar-benar telah masak. Kreasi telur setengah matang sebetulnya juga telah mewarnai industri kuliner internasional. Sebut saja olahan egg benedicts yang begitu disukai para pencinta superfoods (makanan sehat).

 

Namun Anda perlu berhati-hati saat mengonsumsi telur setengah matang. Pasalnya, olahan telur ini sangat rentan terkena bakteri salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makanan hingga kematian.

Steak medium rare

Steak merupakan salah satu makanan khas western yang sangat digandrungi oleh berbagai kalangan di seluruh dunia. Hidangan ini umumnya terbuat dari daging sapi merah yang diolah dengan beberapa pilihan tingkat kematangan, mulai dari medium rare, medium, medium well, dan well done.

 

Untuk mendapatkan olahan steak terbaik, biasanya para chef profesional merekomendasikan untuk memesan steak dengan tingkat kematangan medium rare (setengah matang). Selain lembut, daging yang dihasilkan pun menyuguhkan sensasi juicy sehingga dapat disantap dengan berbagai makanan pelengkap lainnya seperti salad.

Mi instan

"Kang, mi instan satu masaknya setengah matang ya biar enggak terlalu lembek," Anda mungkin pernah melontarkan kalimat tersebut saat sedang memesan mi instan di kantin sekolah, atau warung burjo. Bagi sebagian orang, olahan mi setengah matang memang lebih nikmat disantap karena tekstur minya sendiri masih terasa kenyal dan tidak mudah hancur. Bandingkan dengan olahan mi yang dimasak terlalu matang. Baru memakan dua sendok saja mungkin sudah menimbulkan rasa mual.

 

Tapi perlu Anda ketahui, mengonsumsi mi instan yang tidak diolah dengan benar, justru dapat menimbulkan masalah pencernaan seperti sakit perut.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini