nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Tak Biasa untuk Memasak Telur dan Membuatnya Tahan Lama

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 16 September 2018 11:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 14 298 1950663 5-cara-tak-biasa-untuk-memasak-telur-dan-membuatnya-tahan-lama-IfbVMbrF0e.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

TELUR merupakan bahan makanan yang paling mudah dimasak. Tinggal digoreng atau direbus, telur bisa langsung dimakan dengan nasi, kecap atau sambal, bahkan dengan lauk lain. Namun meskipun terlihat mudah, memasak telur terkadang bisa terasa menyulitkan.

Bila hanya digoreng maupun direbus bisa membuat bosan. Selain itu bila cara memasaknya salah nutrisi yang terkandung dalam telur bisa berkurang. Oleh karenanya, perlu keterampilan lebih untuk hanya sekadar memasak telur.

Merangkum berbagai sumber, Minggu (16/9/2018), inilah beberapa lifehack yang bisa diterapkan untuk memasak telur dengan berbeda:

1. Masak dengan sesuatu yang lain

Ketika hendak memasak telur biasanya ada 2 pilihan yaitu didadar atau diceplok. Walaupun ada pula yang memilih untuk merebusnya. Sebenarnya telur bisa dimasak dengan bahan makanan lain seperti bawang bombay, alpukat, paprika, kulit jeruk, atau daging asap. Caranya bentuk bahan makanan lain itu melingkar. Kemudian pecahkan telur dan tuangkan di antara bahan makanan. Taburkan sedikit bumbu untuk menambah rasa.

2. Mendapatkan hasil sempurna

Pernahkah Anda memiliki keinginan untuk membuat telur seperti yang disajikan di hotel atau restoran mewah? Beberapa orang yang mencoba mungkin tidak berhasil mendapatkannya. Tapi dengan bantuan alat sederhana, keinginan itu bisa tercapai. Contoh, tambahkan sedikit soda kue saat mengocok telur untuk omelet sehingga bisa mengembang sempurna.

Lalu untuk telur yang rebus, gunakan saringan di dalam panci yang berfungsi menjaga telur tetap utuh tanpa kulitnya retak. Sedangkan untuk telur orak-arik, setelah dikocok tuangkan ke penggorengan menggunakan saringan. Dengan begitu menjadi lebih kental dan memudahkan untuk diorak-orik dengan hasil sempurna.

3. Mengupas telur rebus dengan mudah

Beberapa orang mungkin enggan langsung mengupas telur rebus sehabis dimasak karena suhunya yang panas. Belum lagi terkadang saat mengupas cangkangnya ada bagian yang tajam. Untuk memudahkan proses pengelupasan ini adalah langsung menyiram telur dengan air dingin setelah selesai direbus. Cara ini membuat cangkang lebih mudah terlepas.

 

4. Mempersingkat waktu memasak

Telur memang tidak butuh lama untuk dimasak. Tapi terkadang ada saja yang tidak sabar untuk menyantapnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah ketika hendak memasak telur orak-arik. Daripada menggunakan penggorengan yang diletakkan di atas kompor, cobalah gunakan microwave yang membuat telur matang dalam waktu 1 menit.

5. Simpan di kotak es untuk membuatnya tahan lama

Banyak orang berpikir bila telur tetap bisa bertahan selama disimpan dengan benar. Padahal telur juga memiliki masa kedaluwarsa. Untuk membuatnya tetap awet dalam jangka lama, simpan telur di dalam rak dibanding di pintu kulkas. Hal ini dapat membuat telur bertahan 3-5 minggu. Bisa juga membekukan telur di kotak es batu untuk membuatnya bertahan lebih lama. Tentu telur harus dipecahkan lebih dahulu.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini