nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Kesalahan Sepele yang Sering Dilakukan saat Memasak Ikan

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 16 September 2018 09:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 14 298 1950668 7-kesalahan-sepele-yang-sering-dilakukan-saat-memasak-ikan-XrSFvv6FOs.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

IKAN merupakan makanan yang mengandung nutrisi tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Rata-rata jumlah konsumsi yang disarankan adalah 2 kali seminggu. Hanya saja, ada orang yang tidak begitu menyukai ikan. Terlebih bila cara memasaknya salah dapat membuat rasa maupun tekstur ikan menjadi kurang lezat.

Melansir MSN, Minggu (16/9/2018), inilah beberapa kesalahan umum saat memasak ikan:

1. Terlalu banyak menambahkan garam

Untuk menghilangkan bau amis dari ikan, banyak orang yang memilih untuk menambahkan garam dan perasan jeruk lemon. Tapi terkadang, jumlah garam yang dibalurkan ke ikan terlalu banyak. Hal ini dapat berakibat ikan terasa terlalu asin saat dibakar. Sebab meskipun hanya dibalurkan garam akan menyerap ke daging ikan.

2. Terlalu sering membalikkan ikan

Saat menggoreng bahan makanan seperti ikan, sudah menjadi hal yang lumrah untuk membalikkannya ke arah sisi yang berbeda agar matang dengan sempurna. Tapi, terlalu sering membalikkan ikan dapat membuatnya dagingnya pecah. Akibatnya ikan menjadi tidak berbentuk alias berantakan.

3. Membiarkan tekstur ikan yang lembek

Banyak orang berpikir bahwa daging ikan memiliki tekstur yang lembek sehingga ketika dimasak dan ternyata dagingnya lembek dianggap biasa. Padahal tidak demikian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat daging ikan tidak terlalu lembek. Pertama dinginkan ikan atau taruh di suhu ruangan. Kemudian masak di suhu tinggi dengan menggunakan peralatan masak berbahan stainless steel.

 

4. Suhu terlalu tinggi

Terlalu lama menggoreng ikan dapat membuatnya kematangan. Terlebih bila suhunya sangat tinggi Dampaknya daging ikan menjadi kering.

5. Melewatkan kulit

Ketika memasak ikan fillet, banyak orang yang memilih memasukkan bagian daging terlebih dahulu. Padahal cara ini salah, yang benar adalah tetap memulainya dari kulit.

 

6. Memasak dalam keadaan dingin

Ikan biasanya diletakkan di freezer agar tahan lama. Sebelum memasak ikan, ada baiknya mendinginkan ikan terlebih dahulu hingga suhu ruangan. Sebab apabila ikan langsung dimasak ketika dingin hanya bagian luarnya saja yang matang. Sedangkan daging di dekat tulang masih mentah.

7. Tidak membersihkan panggangan

Cara lain mengolah ikan adalah memanggangnya. Sebelum melakukannya, pastikan panggangan sudah benar-benar bersih. Sebab bila tidak, ikan bisa berbau seperti arang.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini