nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Haid Bermasalah & Nyeri pada Panggul, Hati-Hati Kanker Ovarium Mengintai!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 14 September 2018 13:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 14 481 1950293 haid-bermasalah-nyeri-pada-panggul-hati-hati-kanker-ovarium-mengintai-BP9LaBTIdV.jpg Kanker Ovarium (Foto: Newlifeoutlook)

SEMUA wanita tentu sudah tidak aneh lagi dengan kanker ovarium. Kanker ovarium juga dikenal sebagai "silent killer" karena tidak menunjukkan tanda dan gejala apa pun sebelum menyerang.

Ini adalah salah satu kanker paling berbahaya bagi wanita karena setiap tahun lebih dari 20.000 wanita didiagnosis menderita kanker ovarium.

Hal yang membuat penyakit ini lebih menakutkan adalah bahwa wanita tidak mengalami banyak gejala seperti yang mereka rasakan. Lantas apa saja gejala awal yang harus Anda waspadai? Melansir dari Times of India, Jumat (14/9/2018), Okezone akan membahas 5 tanda-tandanya.

1.Nyeri panggul secara terus menerus

Apakah Anda mengeluh sakit panggul secara konstan yang menyebabkan sulit untuk pergi kemana-mana? Jika nyeri ini terus-menerus dan tidak terbatas pada periode waktu ini bisa berarti kanker telah menyebar.

2.Sembelit dan kembung

Penyakit ini dapat memengaruhi cara kerja usus Anda. Jika merasa kembung, terutama saat tidak makan sesuatu yang buruk, maka Anda perlu memeriksa alasannya ke dokter. Alasan yang menakutkan adalah pertumbuhan tumor yang membuat Anda merasa lebih kenyang.

3.Hilangnya nafsu makan dan mual

Jika kanker ovarium telah menyebar, maka bisa membuat Anda merasa mual sepanjang waktu. Ini terjadi karena mereka memengaruhi cara kerja sistem usus Anda. Jika Anda kehilangan nafsu makan dan mulai berasa kenyang lebih cepat dari biasanya, jangan mengabaikannya.

4.Intensitas kencing meningkat

Jika Anda sering ke toilet, berhati-hatilah. Perhatikan apakah kandung kemih Anda terasa lebih penuh, jauh lebih cepat karena ini mungkin pertanda tumor ovarium. Alasan yang sederhana adalah tumor di ovarium yang mendorong kandung kemih dan menurunkan kapasitasnya.

5.Periode menstruasi yang tidak wajar

Jika ada tumor di ovarium Anda, maka hal itu bisa mengacaukan siklus menstruasi Anda. So, waspadalah jika mendapat menstruasi yang tidak teratur dan periksakan hal ini ke dokter.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini