nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati, Jangan Biarkan Bayi Baru Lahir Dicium Sembarangan Orang! Bisa Membahayakan Nyawanya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 14 September 2018 10:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 14 481 1950305 hati-hati-jangan-biarkan-bayi-baru-lahir-dicium-sembarangan-orang-bisa-membahayakan-nyawanya-QVUIqVoNKg.jpg Ilustrasi Bayi. (Foto: Reuters)

MENGUNJUNGI sahabat atau keluarga Anda yang baru melahirkan dan memberikan hadiah, telah menjadi budaya turun temurun yang banyak dilakukan di Indonesia.

Saat menjenguk, hal yang paling banyak dilakukan adalah mencium wajah si bayi, bukan begitu? Tapi, siapa sangka tindakan tersebut ternyata membahayakan nyawa si bayi, lho! Seperti kasus ibu yang satu ini.

Diberitakan Indy100 dan dikutip Okezone, Jumat (14/9/2018), Lucy Kendall dan pasangannya, Jaz Miller, memiliki seorang anak laki-laki yang baru lahir bernama Oliver. Namun, ketika dia baru berusia 11 hari, mereka menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak benar!

Baca Juga: 5 Wanita yang Miliki Perut Sixpack, Bikin Pria-Pria Sakit Kepala

Kendall menjadi khawatir ketika bayi laki-lakinya itu perlahan berhenti minum susu sepanjang malam. Hal ini membuat orangtua muda tersebut panik. Pasalnya, Lucy dan Jaz menjadi cemas karena si bayi mulai dehidrasi. Alhasil, untuk memastikan kondisi Oliver baik-baik saja, orangtua ini membawa bocah tersebut ke rumah sakit.

Oliver dilarikan ke Unit Ketergantungan Tinggi, di mana dia menjalani sejumlah tes dan setelah delapan hari yang menyakitkan, dia didiagnosis menderita herpes! Mungkin, bagi orang dewasa virus itu umum dan bisa diobati. Namun, bagi bayi, itu dapat menyebabkan kematian, karena sistem kekebalan mereka tidak cukup kuat untuk mengatasinya.

Dalam pesan Facebook yang kini viral , yang telah dibagikan 7,7 ribu kali, Lucy menjelaskan bagaimana bayinya terkena virus sebagai peringatan kepada orangtua lainnya.

Dokter mulai menjelaskan virus herpes simpleks dapat diteruskan ke bayi yang baru lahir jika seseorang mengalami sakit demam dan mencium bayi atau menyentuh bayi. Demam paling mudah menular ketika kondisi tubuh tidak lagi bisa melawan virus.

Baca Juga:  5 Fakta Berciuman yang Wajib Anda Ketahui, Bikin Otak Cerdas Salah Satunya! 

Mereka tetap menular sampai benar-benar sembuh. Oliver menghabiskan 21 hari di rumah sakit dan akhirnya dia bisa pulang dengan syarat mesti mengonsumsi antibiotik selama 6 bulan penuh dan tetap melakukan pemeriksaan lanjutan di rumah sakit

"Harap hormati bayi yang baru lahir dan ada baiknya kalau Anda sedang sakit, jangan dekat-dekat bahkan mencium bayi yang baru lahir. Sebab, ketika Anda mencium bayi, hal menyedihkan seperti ini bisa saja menyerang si bayi dan ini berisiko kematian," papar Kendall.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini