nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Hanya di Indonesia, Ini 5 Peristiwa Kelahiran Bayi Bermata Satu di Dunia

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 14 September 2018 14:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 14 481 1950419 tidak-hanya-di-indonesia-ini-5-peristiwa-kelahiran-bayi-bermata-satu-di-dunia-ubgzQs1rut.jpg Peristiwa bayi lahir mata satu di dunia (Foto:Ist)

KELAHIRAN bayi dengan kondisi langka terjadi di Indonesia. Kemarin di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, seorang bayi perempuan lahir dengan kondisi bermata tunggal dan tanpa hidung.

Namun, bayi yang lahir pada pukul 15.25 waktu setempat itu akhirnya menghembuskan napas setelah mencoba bertahan hidup selama tujuh jam. Peristiwa ini ternyata bukanlah kasus pertama, tetapi merupakan yang ke tujuh di dunia, dan berikut lima negara yang juga pernah ditemukan kelahiran bayi bermata tunggal dan tanpa hidung, dihimpun Okezone dari berbagai sumber, Jumat (14/9/2018).

 Penyebab Bayi Lahir Bermata Satu, Hanya Ada 7 Kasus di Dunia

 

1. Sultan Kudarat, Filipina, 2017

Peristiwa lahirnya bayi bermata tunggal tanpa hidung pernah terjadi di Sultan Kudarat, Udtong Lambayog, Filipina tahun lalu. Sebelum melahirkan, seorang ibu bernama Pahmia tersebut mengalami pendarahan dan dinyatakan normal setelah diperiksa. Namun, saat bulan keenam dokter menduga ada yang salah dengan perkembangan janinnya, hingga akhirnya bayi lahir dengan kondisi langka dan meninggal setelah dilahirkan beberapa menit, yang bahkan ibunya pun tidak sempat melihat wajah anak pertamanya itu.

 

 

 

2. Kota Sipalay, Filipina, 2009

Selain di Sultan Kudarat, Udtong Lambayog, beberapa tahun sebelumnya, yaitu pada 2009 peristiwa serupa pun sempat terjadi di Filipina. Seorang ibu melahirkan bayi perempuannya dengan kondisi mata tunggal dan tanpa hidung. Menurut web neurologi, kondisi yang tengah jadi sorotan ini terjadi karena holoprosensefali yang merupakan kegagalan otak depan embrio untuk membagi orbit mata menjadi dua lubang selama perkembangannya di dalam rahim.

3. North eastern town of El Senbellawein, Mesir, 2015

Bayi dengan kondisi mata tunggal dan tanpa hidung pun sempat ditemukan di Mesir pada 2015. Menurut Dr Ahmed Badruddin kondisi seperti ini lebih sering terjadi pada hewan dan biasanya meninggal saat masih berada di dalam rahim. Semua bayi dengan kondisi serupa biasanya hanya berhasil hidup paling lama dalam hitungan hari, seperti bayi yang lahir di India hanya bertahan selama dua hari saja.

4. Chennai, India, 2006

Biasanya bayi dengan kondisi mata tunggal dan tanpa hidung terdeteksi pada awal kehamilan dan hampir selalu dibatalkan. Namun, bayi yang lahir di rumah sakit Kasturba Ghandi, Chennai, India, orangtuanya berharap anaknya bisa bertahan hidup, meski akhirnya meninggal dua hari kemudian.

 Baby Cyclops born in India

 

 Biasa Seksi, Begini Tampilan Dj Dinar Candy Pakai Busana Muslimah

5. St Petersburg, Rusia, 2006

Enam bulan sebelum kelahiran bayi bermata tunggal dan tanpa hidung di India, St Petersburg, Rusia lebih dulu mengalaminya. Bayi terdeteksi bermata tunggal dan tanpa hidung pada usia tujuh bulan dalam kandungan. Saat dilahirkan para dokter terkejut karena memiliki rambut ikal tebal di punggung, bahu, dan kepalanya. Sementara itu, pada dahinya ada sebuah mata berwarna biru, dan akhirnya bayi meninggal sesaat setelah lahir.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini