nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Hanya Sinar Matahari, Memasak dan Bermain Ponsel Juga Sebabkan Penuaan

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 14 September 2018 17:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 14 481 1950493 tak-hanya-sinar-matahari-memasak-dan-bermain-ponsel-juga-sebabkan-penuaan-5HICBJYvJh.jpg Ilustrasi Penuaan Dini. (Foto: Women and Sport)

PAPARAN sinar matahari merupakan salah satu faktor utama kulit mengalami penuaan. Sinar ultraviolet (UV) di dalamnya dapat menyebabkan radiasi yang merusak kulit. Radiasi disebabkan oleh 2 jenis sinar yaitu UV-A dan UV- B.

Radiasi UV-A yang bisa menembus hingga ke dermis atau lapisan kedua dari kulit dapat merusak serat-serat yang berada di dalamnya. Kondisi ini membuat kulit kehilangan elastisitasnya dan berkerut.

Sedangkan radiasi UV-B dapat membuat kulit menjadi kemerahan. Penuaan dapat terjadi karena jumlah kolagen dan serat elastin kulit berkurang karena paparan sinar UV yang berlebihan.

Baca Juga: 5 Wanita yang Miliki Perut Sixpack, Bikin Pria-Pria Sakit Kepala

Tapi tahukah Anda, ternyata bukan hanya sinar matahari saja yang bisa menyebabkan penuaan. Menurut dokter spesialis kulit dan dan kelamin, dr Kardiana Purnama Dewi Sp.KK, kegiatan sehari-hari yang kelihatannya sepele seperti memasak, duduk di bawah lampu, atau bahkan bermain ponsel bisa juga menyebabkan penuaan. Mengapa demikian?

“Ternyata, panasnya itu yang bisa memicu pigmentasi (tanda penuaan kulit) yang merambat ke hal lain. Ada pasien saya yang setiap hari tidak pernah ke mana-mana hanya di rumah saja. Namun dia punya katering dan setiap hari terpapar panas dari masakan jadinya muncul pigmentasi,” tutur dokter yang akrab disapa Dewi itu saat ditemui Okezone.

Dr Dewi pun menyarankan sebaiknya masyarakat hindari terpapar langsung dari panas bila tidak ingin mengalami tanda penuaan. “Mungkin ada beberapa orang yang menganggapnya keren, tapi sinarnya itu panas. Terus jangan tempelkan langsung handphone yang panas ke kulit,” tambahnya.

Baca Juga: Jadi "Sugar Baby", Mahasiswi Ini Diberi Uang Jajan Hampir Rp15 Juta untuk Sepekan

Melihat situasi ini, dr Dewi menekankan bila penggunaan tabir surya menjadi wajib hukumnya, bahkan meski di dalam rumah sekalipun. “Di rumah ‘kan ada lampu yang memancarkan panas, terus sinar matahari juga bisa masuk dari kaca. Jadi mengoleskan tabir surya itu perlu walaupun tidak pergi ke mana-mana,” terangnya.

Selain menggunakan tabir surya, cara lain yang bisa dipilih adalah mengenakan payung, topi, atau kaus lengan panjang saat di luar rumah. Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini