nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berwisata ke Danau Toba Jangan Cuma Nikmati Keindahan Alamnya, Jajal Juga Wisata Budaya & Kulinernya

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 16 September 2018 15:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 16 406 1951188 berwisata-ke-danau-toba-jangan-cuma-nikmati-keindahan-alamnya-jajal-juga-wisata-budaya-kulinernya-g62rm6FBh7.jpg Wisata ke Danau Toba jajal juga naniura (Foto:Ist)

 

BERLIBUR bisa jadi salah satu cara ampuh mengusir rasa jenuh karena aktivitas sehari-hari. Terlepas dari itu, pengalaman traveling salah satunya berlibur ke suatu tempat bisa mendatangkan pengalaman dan pengetahuan yang baru.

Omong-omong soal tujuan berlibur, sebagai orang Indonesia sudah sepatutnya kita bersyukur karena negeri kita ini dianugerahi alam yang begitu luas dan indah. Salah satunya yang dimiliki oleh Tanah Sumatera, yakni Danau Toba yang ikonik sehingga kita tak perlu jauh-jauh berpergian melihat kecantikan sebuah danau alami, misalnya hingga ke Swiss karena milik Ibu Pertiwi pun tak kalah indahnya.

Akan tetapi, tidak dipungkiri jika mendengar kata Danau Toba sebagai destinasi wisata. Kita sebagai masyarakat awam, terkadang merasa kebingungan selain menikmati keindahan alami yang ditawarkan oleh danau vulkanik alami tersebut, kegiatan wisata apalagi sih yang sebetulnya bisa juga kita nikmati saat berada di area wisata Danau Toba.

Eits, jangan salah! Sebab, kita tak perlu bingung jika berwisata ke Danau Toba. Sebagaimana dijelaskan oleh Maike Magonai Siritonga selaku Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, sebagai suatu destinasi wisata terkenal di Sumatera Utara, Danau Toba menawarkan lebih dari sekedar hanya wisata alam.

 

“Selain menawarkan wisata alam yang indah, wisatawan yang berwisata ke Danau Toba itu bisa juga mengeksplor wisata budayanya. Seperti di daerah Tuktuk itu, wisatawan yang datang disambut tarian Sagale-Gale, lalu bisa juga mengunjungi makam raja-raja dan museum. Nah di kawasan Balige, kita bisa lihat itu proses pembuatan kain ulos,” ujar Maike saat dijumpai Okezone secara langsung dalam acara pembukaan misi penjualan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia “Ayo ke Toba” di Surabaya.

Bukan hanya wisata sejarah dan budaya, yang namanya sedang berwisata tentunya tidak akan lengkap jika tidak mencicipi kuliner asli daerah setempat. Nah, untuk wisata kuliner sendiri, jika berkunjung ke Danau Toba, Maike menambahkan para wisatawan bisa menjajal hidangan kuliner khas Danau Toba yakni ikan pora-pora dan ikan mas.

“Kalau kuliner itu kita ada yang namanya ikan pora-pora, jadi ikan itu adalah ikan yang langsung jatuh dan hanya hidup di jatuhan air terjun, jenisnya ikan tawar. Lalu yang kedua, ikan mas biasanya diolah arsik. Ciri khas itu dua ikan ini, dimasak macam-macam sih. Bisa di naniura, arsik, goreng lalu disantap sama andaliman itu juga bisa. Pokoknya istilahnya kalau ke Danau Toba, jangan sampai enggak nyicipin dua ikan ini lah,” tambahnya.

Belum berhenti sampai situ, Danau Toba juga menawarkan kuliner khas lainnya yakni hidangan susu kerbau seperti yang ada di daerah Balige. Di mana disebutkan, susu kerbau tersebut sehari-hari memang dikonsumsi oleh masyarakat setempat, termasuk anak bayi.

Menariknya, secara tekstur, susu kerbau ala Balige ini tidak seperti susu cair pada umumnya. Sebab, sudah berbentuk agak padat dan lembut seperti halnya tahu sutra. Untuk cara mengonsumsi, susu kerbau tersebut biasanya diolah untuk dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat setempat dengan cara dimasak dengan cabai andaliman, lengkuas, serai dan kuah bening baru kemudian disantap bersama nasi. Unik ya!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini