nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenyamanan Akomodasi dan Atraksi di Danau Toba Jadi Kunci Gaet Lebih Banyak Wisatawan

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 16 September 2018 16:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 16 406 1951194 kenyamanan-akomodasi-dan-atraksi-di-danau-toba-jadi-kunci-gaet-lebih-banyak-wisatawan-vh1pYeJ1rS.jpg Danau Toba (Foto: Okezone)

BUKAN rahasia lagi, salah satu yang menjadi pertimbangan utama dari banyak orang untuk memilih destinasi wisata ialah soal kemudahan dan kenyamanan akomodasi.

Sebab, siapa sih yang tidak senang jika acara berlibur menjadi semakin nyaman dan praktis dengan akses akomodasi mudah dan tak menyita banyak waktu? Faktor soal akses akomodasi ini juga lah yang sekarang tengah menjadi fokus dari pemerintah daerah kawasan Danau Toba. Ini merupakan penerapan strategi baru dalam upaya meningkatkan animo wisatawan baik lokal ataupun mancanegara berkunjung ke Danau Toba.

Danau Toba sendiri diberi target sebanyak 1 juta wisatawan untuk 2019 mendatang. Maka dari itu, pemerintah daerah setempat dijelaskan oleh Tata S. Ridwanullah dari Badan Otorita Pariwisata Danau Toba, melakukan pembenahan dari segi akses transportasi sebagai strategi baru.

 (Baca Juga:Melenggang di New York Fashion Week, Putri Madonna Pamer Kaki Penuh Bulu)

“Strategi baru yang dikembangkan dari pemerintah adalah kita akan mempermudah untuk wisatawan mencapai objek pariwisata yang ada di Toba, kita juga akan buka pintu-pintu baru seperti Bandara Silangit yang mana ini akan mempermudah. Dari Jakarta kan sudah ada penerbangan langsung ke Silangit, itu akan mempercepat sehingga secara psikologis wisatawan itu bisa langsung mencapai daerah wisatanya," tutur Tata kala ditemui Okezone dalam acara “Seminar Misi Penjualan Destinasi Pariwisata Proritas Danau Toba,” di Ciputra World Hotel, Surabaya, Sabtu, 15 September 2019.

 

Selain itu, lanjut Tata, penerbangan langsung dari luar negeri ke Bandara Silangit juga tengah dikembangkan. Sebagai strategi baru, disebutkan lebih jelas tidak hanya faktor aksesibilitas yang difokuskan, tetapi juga atraksi wisata yang ditawarkan oleh kawasan Toba itu sendiri hingga bisa membuat wisnus ataupun wisman semakin tambah berminat berlibur di kawasan wisata Danau Toba.

 (Baca Juga:Serunya Pecah, Barapan Kebo Buka Festival Pesona Moyo 2018)

“Ke depan kita akan mengembangkan wisata air di toba sehingga para wisatawan bisa menikmati wisata air. Kita harapkan dari penggiat dan investor di sekeliling kawasan Danau Toba untuk bisa melihat peluang investasi di sana," lanjut Tata.

Ia berharap semua stakelholder ikut serta dalam pembangunan wisata ini. Lahan otoritas seluas 400 hektar telah disiapkan untuk pembangunan fisik. Di lahan itulah nanti akan ada atraksi baru sperti glenmore camping, resort, hotel dan mungkin ada lapangan golf.

"Karena kita butuh mengangkat lagi image kawasan Danau Toba ini yang sekarang middle low menjadi middle up,” tutup Tata.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini