nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bioskop Bisik Dihadirkan untuk Tunanetra yang Gemar Nonton Film

Fienca Amelia , Jurnalis · Senin 17 September 2018 00:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 16 406 1951237 bioskop-bisik-dihadirkan-untuk-tunanetra-yang-gemar-nonton-film-mXfUEnGWNL.jpeg Ilustrasi (Foto: Denofgeek)

MENGHABISKAN liburan akhir pekan biasanya orang akan berbondong-bondong pergi ke bioskop. Karena menonton film di bioskop adalah hiburan yang murah dan dekat.

Film membuat kita bisa melihat dan merasakan dunia yang berbeda melalui sebuah cerita dan didukung oleh efek audio dan visual. Begitu juga dengan Irma Himayanti yang juga gemar menonton film di bioskop. Biasanya ia bersenang-senang dengan menonton film di bioskop. Tak jarang ia menyewa film untuk ditonton di rumah.

Namun, Irma mengalami kejadian tak terduga yang menyebabkan ia kehilangan pengelihatannya. Setelah mengalami kecelakaan saat kecil, ia didiagnosis menderita glaukoma dan akhirnya kehilangan pengelihatan. Apakah Irma bisa tetap bisa menonton film bioskop tanpa pengelihatannya? Jawabannya adalah ya.

 (Baca Juga:Melenggang di New York Fashion Week, Putri Madonna Pamer Kaki Penuh Bulu)

Meski sempat kehilangan minat menonton film, kini ia menikmati hobby lamanya dengan datang ke Bioskop Bisik di Jakarta. Dilansir Okezone dari OurBetterWorld, Bioskop Bisik memungkinkan semua orang untuk menikmati film, tak terkecuali dengan mereka yang memiliki masalah pengelihatan. Mereka dipasangkan dengan relawan yang akan berbisik kepada mereka dan menggambarkan apa pun yang terjadi dalam film.

 

“Saya merasa seperti saya tidak buta, karena saya sangat menikmati film itu, sama seperti saya mendapatkan penglihatan saya lagi,” ucap Irma untuk pertama kalinya di Bioskop Bisik yang dikutip dari OurBetterWorld, Senin (17/9/2018).

Bioskop Bisik didirikan oleh Ramya Prajna, yang ingin menciptakan ruang bagi orang-orang untuk berinteraksi dengan mereka yang mungkin berbeda, melalui pengalaman sederhana seperti menonton film bersama.

 (Baca Juga:Intip Miripnya Penampilan Nella Kharisma dan Via Vallen)

“Tujuan utamanya adalah memberikan pengalaman tentang bagaimana mata kita tidak hanya untuk kita, tetapi bisa juga untuk orang lain,” kata Ramya.

Mampu menonton film merupakan "perubahan" untuk Cheta, seorang peserta yang telah membentuk persahabatan dengan pembisiknya yaitu Kenny.

“Dia menjelaskan adegan dengan sangat jelas untuk saya, kadang-kadang kita keluar dari konteks dan mulai cekikikan (selama film)," kata Cheta.

Kenny melihat Bioskop Bisik hanya sebagai klub bagi mereka yang suka menonton film, entah itu mereka bisa melihat atau tidak. Ia juga merasa tidak boleh ada pemisahan antara mereka yang bisa melihat dan yang tidak bisa melihat.

Bioskop ini bertujuan untuk memecahkan hambatan di kedua sisi. Bagi para sukarelawan diharapkan dapat lebih memahami kebutuhan para tunanetra lebih baik. Di sisi lain, untuk mendorong para tunanetra untuk lebih percaya diri dan mengetahui sebenarnya ada orang-orang yang peduli dengan mereka.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini