nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Penyebab Kulit Mengalami Penuaan dan Cara Mencegahnya

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 17 September 2018 18:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 17 194 1951717 4-penyebab-kulit-mengalami-penuaan-dan-cara-mencegahnya-Gijb2qJZoS.jpg Ilustrasi (Foto: RD)

SEMAKIN bertambahnya usia seseorang akan memengaruhi kekencangan kulit. Akibatnya, kulit menjadi keriput dan bergelambir.

Hal ini banyak ditakutkan oleh para wanita karena menyebabkan kepercayaan diri berkurang. Padahal, keriput adalah satu dari sekian hal yang akan terjadi pada siapa saja ketika usia berlanjut.

Menurut seorang dokter kecantikan, dr. Emilia Kasturi, M. Biomed, ada empat faktor yang menyebabkan kulit mengalami penuaan. Empat faktor tersebut adalah paparan sinar matahari, gravitasi, usia, dan gaya hidup.

 (Baca Juga:Kebiasan Berakibat Fatal, Perempuan Ini Kena Kanker karena Sering Gigit Kuku)

"Gravitasi dan usia adalah faktor penuaan yang tidak bisa dihindari. Tapi dua faktor lainnya, sinar matahari dan gaya hidup masih bisa kita hindari," ujar dr. Emilia saat memperkenalkan Ultherapy di Hotel JW Marriott, Jakarta, Sabtu, 15 September 2018.

 (Baca Juga:Rahasia Panjang Umur Seorang Pria Berusia 111 Tahun, Patut Ditiru Nih!)

Dokter yang melayani pasien di Emily Aesthetics & Anti-Aging ini melanjutkan, paparan sinar matahari bisa dihindari dengan rajin memakai sunblock. Dengan begitu, dapat memperlambat penuaan kulit.

Sedangkan untuk gaya hidup, sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan yang manis. Sebab kandungan gula dapat mempercepat penuaan dini, sehingga membuat kulit mudah keriput.

"Kita adalah apa yang kita makan. Kurangi makanan berlemak dan manis. Lemak memang sumber pembentukan hormon, tapi pilih lemak yang mana," jelas dr. Emilia.

 (Baca Juga:3 Menu Diet Wajib Dikonsumsi Mantan Perokok agar Panjang Umur)

Untuk makanan manis, dr. Emilia menyarankan agar tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan seperti durian. Selain itu, Anda juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung anti oksidan, di antaranya adalah buah ceri, stroberi, dan cokelat hitam.

"Penuaan terjadi dari proses pembakaran atau oksidasi. Dalam proses pembakaran ada radikal bebas, makanya kita harus makan makanan yang tinggi anti oksidan," pungkas dr. Emilia.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini