nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unboxing di Dalam Air Bikin Terpukau dan Emosional, Ini Alasannya!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 18 September 2018 07:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 17 196 1951760 unboxing-di-dalam-air-bikin-terpukau-dan-emosional-ini-alasannya-DM7NGtwII3.jpg Unboxing (The Guardian)

DALAM sebuah tangki kaca yang diisi dengan air tawar, seorang seniman asal London Alex Frost, perlahan-lahan membuka produk makanan yang ternyata menghasilkan efek yang sangat indah. Contohnya saat ia membuka satu kartun sup, di mana secara perlahan isi sup bertekstur kental itu keluar dan memenuhi bagian dalam air dengan warna khasnya.

Kegiatan yang dikenal dengan istilah unboxing ini pun digadang-gadang menjadi salah satu karya seni yang cukup diminati oleh berbagai kalangan. Menurut pengakuan Frost, ide membuka produk makanan di dalam air sebetulnya bukan bermaksud bahwa dirinya mendukung gerakan anti-konsumerisme, namun lebih kepada efek magis yang dihasilkan selama proses unboxing berlangsung.

 Baca juga: Gaya-Gaya Chef saat Memasak, Nomer 2 Bikin Pria Gagal Fokus!

Benar saja, setiap benda yang ia keluarkan dari kemasan, menimbulkan efek emosional, fana, sekaligus seksi ketika diperhatikan secara seksama. Jangan salah, seni yang diusung oleh Frost ini ternyata menyimpan makna filosofis yang sangat mendalam. Menurutnya, benda-benda yang ia keluarkan di dalam air merupakan cerminan dari kehidupan yang sementara.

“Rasanya seolah-olah setiap nanometer ruang memiliki nilai dan waktu,” ujar Frost.

Untuk menegaskan konsep tersebut, Frost juga menggunakan berbagai jenis makanan seperti sandwich, vitamin, atau peralatan mandi seperti sampo kering yang menimbulkan efek seperti awan mengepul. Efek tersebut ia ibaratkan sebagai cerminan kehidupan yang terus berjalan.

 Baca juga: Pakai Hijab di Kontes Kecantikan Internasional, Wanita Berdarah Indonesia Ini Curi Perhatian

Salah satu karya Frost yang berhasil menyita perhatian para pencinta seni adalah saat ia membuka tabung Berocca (sejenis vitamin). Selain menciptakan efek suara gelembung yang menenangkan, potongan Berocca juga menyuguhkan pemandangan indah berupa kepulan ‘awan’ berwarna oranye yang sangat memikat

Untuk menyampaikan pesan bahwa kehidupan manusia tidak luput dari sisi gelap dan mengancam, Frost menggunakan kopi sebagai media. Sepotong salad buah Del Monte pun menjadi media yang ia gunakan untuk mempraktikkan seni unboxing di dalam air tersebut.

 

“Saya memutuskan untuk melakukan unboxind di dalam air sehingga orang-orang bisa melihatnya sebagai sesuatu yang memesona atau bahkan mengganggu pikiran mereka, bukan sebagai iklan suatu produk,” papar Frost.

 Baca juga: Melenggang di New York Fashion Week, Putri Madonna Pamer Kaki Penuh Bulu

“Saya tidak dapat membayangkan apakah perusahaan yang memproduksi produk-produk ini ingin menampilkan produk mereka dengan cara tersebut. Tetapi saya tidak ingin salah menafsirkannya,s aya hanya membuka produk itu di bawah air,” tukasnya.

Seluruh karya Frost dapat dinikmati di berbagai media sosial seperti Instagram dan YouTube. Bagaimana Okezoners? Tertarik membuat sesuatu yang kreatif seperti Alex Frost? Demikian dilansir Okezone dari The Guardian, Selasa (18/9/2018).

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini