nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daerah di Indonesia Ini Miliki Potensi Kuliner yang Menarik untuk Dikembangkan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 17 September 2018 19:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 17 406 1951765 daerah-di-indonesia-ini-miliki-potensi-kuliner-yang-menarik-untuk-dikembangkan-04J55RY14r.jpeg Makan (Travel Channel)

INDUSTRI pariwisata Indonesia semakin menunjukkan geliatnya. Hal ini ditandai dari munculnya berbagai aktivitas wisata baru yang tengah digandrungi wisatawan.

Selain menikmati keindahan alam dan mengeksplorasi kekayaan budaya suatu daerah, para wisatawan sudah mulai tertarik untuk mengulik kuliner-kuliner tradisional di tempat yang mereka kunjungi.

 Baca juga: Chef Ternama di Amerika Di-Bully Netizen karena Salah Unggah Foto Nangka Jadi Durian!

Aktivitas inilah yang kemudian dikenal dengan istilah wisata kuliner dan masuk dalam konsep food tourism. Nah, seagai salah satu negara yang dianugerahi keanekaragaman budaya, Indonesia merupakan destinasi yang ideal bagi para pencinta kuliner.

 Kuliner

Setidaknya ada 5 faktor yang membuat kuliner Indonesia begitu menarik di mata wisatawan yakni, mulai dari kultur dan sejarahnya, hingga penggunaan bahan-bahan organik yang dinilai menyehatkan.

Lalu di mana sajakah destinasi wisata kuliner Indonesia yang menarik untuk disambangi?

Menurut pengakuan Vinny Mulyadi, selaku CEO Pelangi Benua, ada tiga daerah yang memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata.

 Baca juga: Ibu Hamil Santap Makanan yang Ada Tikusnya, Pihak Resto Malah Tawarkan Ganti Rugi untuk Aborsi

"Minangkabau (Sumatera Barat), Toraja (Sulawesi Selatan), dan Lasem (Jawa Tengah) itu punya potensi besar untuk dikembangkan. Ketiga daerah ini memiliki keunikan masing-masing yang bisa menarik perhatian wisatawan," tutur Vinny, di kawasan Jakarta Selatan, Senin (17/9/2018).

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk kawasan Minangkabau sendiri dinilai memiliki kekayaan budaya dan beragam jenis kuliner yang bisa dikulik. Saking 'kayanya', Minangkabau bisa dikembangkan secara komprehensif.

 Rendang

Kemudian ada Toraja yang menyimpan segudang kejutan. Selain memiliki beragam jenis kuliner tradisional, penduduk di daerah ini pun sangat terbuka untuk bertukar informasi. Mereka juga sangat ramah kepada pendatang, jadi jika wisatawan hendak melakukan aktivitas wisata kuliner di tempat ini mereka bisa mendapatkan berbagai pengalaman yang tak terlupakan.

"Di sana itu masih banyak yang tidak mengetahui fungsi santan. Jadi setiap ada ritual tertentu, daging tedong (kerbau) yang dikurbankan sering terbuang sia-sia. Nah waktu kami datang ke sana dan memberitahu bahwa mereka bisa mengolah daging menggunakan santan, atau dijadikan rendang, mereka sangat senang," sambungnya.

Terakhir ada Lasem di Jawa Tengah. Tempat ini dulunya hanya identik dengan batik dan produk-produk kerajinan tangan lainnya. Namun siapa sangka, Lasem ternyata memiliki potensi wisata kuliner yang sangat besar.

 Baca juga: Pulang Kerja, Yuk Nongkrong di Kedai-Kedai dengan Jajanan Super Pedas Ini!

"Makanannya kaya sekali. Wisatawan juga akan disuguhkan berbagai landscape maupun arsitektur unik yang semakin membuat pengalaman wisata menjadi lebih menyenangkan," jelas Vinny.

Selain ketiga daerah tersebut, Vinny mengatakan, masih banyak daerah di Timur Indonesia yang sangat menarik untuk dieksplorasi.

"Labuan Bajo dan sekitarnya punya kuliner dan kultur yang sangat memumpuni untuk diangkat. Papua pun demikian, namun kita masih terkendala infrastruktur dan akses," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini