nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rutin Latihan TRE 10 Menit Sehari, Andien Mengaku Bisa Lebih Tenang

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 17 September 2018 10:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 17 481 1951413 rutin-latihan-tre-10-menit-sehari-andien-mengaku-bisa-lebih-tenang-eGiCoCsCCW.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SOSOK Andien kini tidak hanya dikenal sebagai penyanyi, tapi juga healthy lifestyle influence. Hal ini terbukti dari postingan dia di sosial media yang memperlihatkan bagaimana serunya menjalani hidup sehat.

Gaya hidup sehat ini pun tidak sekadar apa yang dia makan setiap harinya, tapi juga memperlihatkan bagaimana aktivitas sehat Andien. Sebut saja olahraga, yang menjadi kunci bagaimana tubuhnya bisa sehat sampai sekarang.

"Banyak orang yang menilai aku awet muda banget sekarang. Ya, kalau ditanya karena apa, ini semua karena perubahan gaya hidup sehat aku," ungkapnya saat diwawancarai Okezone di kawasan Jakarta Barat, Minggu (16/9/2018).

Baca Juga: Jadi "Sugar Baby", Mahasiswi Ini Diberi Uang Jajan Hampir Rp15 Juta untuk Sepekan

(Foto: Instagram)

Olahraga yang menjadi rutinitas Andien sebut saja yoga dan pilates. Dua olahraga ini mungkin yang kemudian membuat dia menyukai gaya hidup sehat dan karena olahraga itu juga badan Andien masih sangat fit hingga sekarang.

Selain olahraga, ternyata Andien melakukan latihan lain yang berfokus pada pikiran dan jiwanya atau yang kerap dikenal dengan istilah Tension and Trauma Releasing Exercise (TRE). "Latihan ini yang kemudian membuat aku bisa berdamai dengan diri aku sendiri dan tentunya bikin aku jauh lebih positif," katanya.

Andien percaya bahwa dalam tubuh setiap orang ada yang menyumbat, meski kita sendiri tidak tahu apa. Dia mencontohkan, pengalaman buruk di masa lalu, trauma yang belum bisa disembuhkan, atau kejadian lain yang kemudian memengaruhi pola pikir dan kehidupan. Hal-hal itu memang tanpa disadari telah mempengaruhi kehidupan kita.

Baca Juga: Viral #CrazyRichSurabayan di Media Sosial, 8 Momen Ini Bikin Kamu Iri Banget!

"Nah, TRE ini aku percaya bisa menarik kita untuk memberi keleluasaan pada tubuh kita sehingga proses healing bisa lebih lancar," papar penyanyi yang kini berusia 33 tahun.

Andien menambahkan, dia sudah melakukan TRE sejak 3 bulan belakangan ini. Dia melakukan latihan ini setiap malam sebelum tidur dengan durasi waktu sekitar 10 menit. "Aku percaya kalau tension kita bisa release sendiri setelah melakukan TRE ini. Jadi, latihan ini cukup penting untuk akhirnya saya bisa menyambut pagi dengan jauh lebih baik," tambahnya.

Mengenal lebih jauh tentang TRE, dikutip dari beberapa sumber yang diterima Okezone, TRE ini adalah metode alternatif pengobatan PTSD (Posttraumatic stress disorder). Latihan fisik ini bertujuan untuk menyebabkan getaran neurogenik tubuh, memungkinkan untuk mengurangi stres, mengurangi ketegangan, dan mengurangi intensitas gejala PTSD.

Metode ini terbukti efisien dalam kasus yang disebut trauma kejut, yang dihasilkan oleh kecelakaan yang berbeda. Tidak seperti metode pengobatan PTSD tradisional, misalnya terapi perilaku kognitif, TRE dapat dilakukan oleh dirinya sendiri. Perlu diketahui, pencipta dan promotor dari metode ini adalah seorang terapis Amerika, Dr. David Berceli, PhD.

Bagaimana cara kerjanya? TRE dengan aman mengaktifkan mekanisme refleks alami dari getaran yang melepaskan ketegangan otot sehingga menenangkan sistem saraf. Ketika mekanisme bergetar, otot ini diaktifkan di lingkungan yang aman dan terkendali, tubuh didorong untuk kembali ke keadaan seimbang.

(Foto: Hove StressBusters)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini