nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Dapatkan Susu Terbaik, Sapi-Sapi Ini Lakukan Pedikur & Menikur

Renny Sundayani, Jurnalis · Senin 17 September 2018 10:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 17 481 1951426 ingin-dapatkan-susu-terbaik-sapi-sapi-ini-lakukan-pedikur-menikur-4lIfUAAX0X.jpg Peternakan sapi (Foto: Youtube)

SEMUA orang tahu bahwa nutrisi tidak lengkap jika belum ada susu. Dengan beragam nutrisi yang dikandungnya, tidak mengherankan jika susu memiliki banyak manfaat kesehatan. Tetapi tahukah kamu bahwa untuk mendapatkan susu dengan kualitas baik, salah satu faktor terbesarnya berada di hewan sapi itu sendiri.

"Semua produk susu terbaik itu tempat perternakannya harus baik juga, kenapa? Hanya perternakan baik yang bisa membuat atau memperlakukan si sapi dengan sebaik mungkin, kenapa harus sebaik mungkin si sapinya? Karena itu berpengaruh pada kualitas susu,” kata Syahbantha Sembiring, Indonesia Country Head Marketing Sales PT Austasia Food dalam acara peluncuran susu UHT Greenfields dengan kemasan kecil di Pacific Place, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Untuk mendapat susu yang berkualitas, sapi ternak juga harus dimanja seperti layaknya manusia. Seperti rutin manikur dan pedikur. Tak hanya itu saja, sapi juga harus dibuat nyaman dengan cara disediakan kasur di kandang.

"Semakin nyaman sapinya, semakin banyak jumlah susunya, kualitasnya juga semakin baik. Kasih makan yang terbaik, kebersihan kandang, ketenangan sapi, atau apapun itu yang membuatnya relex, akan menghasilkan susu kualitas terbaik. Berbeda jika sapinya stres, tegang, kurang tidur, dan sebagainya. Bahkan di kandang pun tidak boleh ada satu lalat pun," tambahnya.

Sedangkan pakan ternak yang diberikan juga tak sembarangan. Sapi wajib konsumsi rumput jenis alfa yang tidak bisa dikembangbiakan di Indonesia. Dengan konsumsi pakan ternak yang baik, pada saat diperah, sapi tak perlu dipukul atau pun dipaksa.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini