nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain PMI, Komunitas Blood4LifeID Bisa Jadi Pilihan Masyarakat Mencari Donor Darah

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 17 September 2018 20:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 17 481 1951661 selain-pmi-komunitas-blood4lifeid-bisa-jadi-pilihan-masyarakat-mencari-donor-darah-uUGWp1chHG.jpg Ilustrasi (Foto: Starmedica)

BERBICARA mengenai Palang Merah Indonesia (PMI), mungkin banyak masyarakat yang langsung teringat dengan donor darah. Ya, lembaga yang lahir pada 17 September 1945 itu memang kerap menyelenggarakan kegiatan donor darah. Selain itu, bila ada masyarakat yang membutuhkan darah bisa langsung menghubungi PMI yang ada di daerahnya atau pusat.

Akan tetapi, terkadang mendapatkan darah dari PMI tidak selalu mudah. Bisa saja stok darah sedang kosong sehingga masyarakat atau pasien masih harus mencari bantuan dari pihak lain. Kondisi ini jelas membutuhkan waktu yang lebih lama. Beruntung kemajuan teknologi dengan hadirnya media sosial dapat membantu persebaran informasi lebih cepat.

Selain itu, ada pula komunitas-komunitas yang fokus membantu terkait donor darah. Salah satunya Blood for Life Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Blood4LifeID. Komunitas yang bergerak di bidang sosial ini bertujuan menghubungkan antara orang yang butuh darah dengan orang yang bersedia mendonorkan darah secara sukarela. Komunitas ini juga berusaha mengedukasi masyarakat untuk bersedia donor darah,mengetahui pentingnya donor darah, dan informasi lainnya.

Lantas, apa yang membedakan komunitas ini dengan orang-orang yang membantu menyebarkan informasi terkait kebutuhan darah di media sosial? “Bedanya di kita admin selalu verifikasi setiap ada informasi kebutuhan darah. Bertanya ke keluarga pasien, benar atau tidak butuh darah, jumlah butuh darahnya berapa banyak, dan bisa diantar ke mana. Kalau sudah melewatkan proses verifikasi, baru bisa kita share lewat media sosial,” ucap salah seorang anggota komunitas, Wisnu saat bertandang ke Redaksi Okezone, Senin (17/9/2018).

donor darah

Proses verifikasi berguna agar informasi yang diberikan selalu update. Tidak bisa dipungkiri, terkadang ada kekeliruan informasi kebutuhan darah. Misalkan butuh darahnya sudah dari sebulan lalu atau sudah terpenuhi tapi informasi masih menyebar hingga dua bulan kemudian. Hal inilah yang coba dihindari oleh komunitas Blood4LifeID.

“Sebenarnya semakin banyak orang yang share informasi kebutuhan darah semakin bagus. Tapi yang disayangkan perputarannya terus menerus,” tambah Wisnu.

Perbedaan lainnya adalah komunitas ini turut mencarikan database relawan yang darahnya sesuai dengan kebutuhan. Biasanya pihak komunitas akan menghubungi langsung relawan tersebut. “Terkadang juga ada saatnya ketika pasien benar-benar membutuhkan pendampingan untuk mencari darah, itu juga kita bantu kalau memang ada volunteer yang bisa terjun ke lapangan untuk membantu. Kalau enggak ada paling kita bisa arahkan saja sih gimana caranya untuk carikan pendonor darah. Nanti pasien yang butuh darah itu tinggal nunggu di PMI mana atau rumah sakit mana dan kita arahkan relawan yang sukarela mendonorkan darahnya,” terang Wisnu.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bila komunitas ini bermitra dengan PMI. Mereka juga mempersilahkan bila ada masyarakat yang ingin bergabung atau sekadar mencari informasi.

“Bisa langsung ke Twitter, Instagram akunnya @ blood4lifeid atau WA ke 087875195599.Itu namanya hotline IGD Maya, ada admin jaga 1x24 jam untuk kebutuhan darah pasien,” pungkas Wisnu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini