Share

7 Tips Sederhana Menyimpan Makanan agar Tetap Segar dan Aman Dikonsumsi

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Selasa 18 September 2018 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 18 298 1952104 7-tips-sederhana-menyimpan-makanan-agar-tetap-segar-dan-aman-dikonsumsi-WcspIkO4en.jpg Pizza Jepang (Foto: Timesofindia)

SERINGKALI kita membuang makanan karena tidak menyimpannya dengan benar. Akibatnya makanan menjadi mudah basi dan teksturnya pun menjadi tidak renyah lagi. Kalau sudah demikian, mau tidak mau makanan tersebut harus dibuang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti keracunan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui teknik penyimpanan makanan yang cerdas, agar kesegaran dan kualitas makanan terjaga dengan baik. Berikut Okezone rangkumkan beberapa kiat dan trik mudah menyimpan makanan supaya tahan lama, sebagaimana dilansir dari Times of India, Selasa (18/9/2018).

Beras

Cara terbaik untuk menyimpan beras adalah dengan menambahkan segenggam daun nimba kering di dalam wadah beras. Daun nimba kering berfungsi sebagai pestisida alami dan membantu menjaga beras dari serangan hama maupun cacing. Untuk menyimpan olahan nasi yang sudah matang, Anda bisa memindahkannya ke dalam wadah kedap udara atau kantong plastik ziplok, lalu simpan di kulkas.

beras

Telur

Simpanlah telur dalam kulkas jika Anda ingin menjaga kualitas, dan menggunakannya dalam waktu yang lama. Selain itu, pastikan Anda mencuci telur hingga bersih sebelum mengolahnya.

telur

Kentang dan bawang

Jangan simpan kentang dan bawang secara bersamaan. Simpan lah kedua bahan makanan ini di tempat yang sejuk, kering, dan gelap, dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

kentang dan bawang

Jamur

Cara terbaik untuk menyimpan jamur adalah dengan memanfaatkan wadah kertas berwarna cokelat. Hindari menyimpan jamur dalam kantong plastik karena tekstur dan kualitasnya akan menurun. Hal ini disebabkan oleh tingkat kelembapan yang cukup tinggi ketika jamur terperangkap di dalam kantung plastik.

jamur

Keju

Ingin menyimpan sisa keju? Berilah sedikit mentega pada permukaan keju untuk mencegahnya mengering. Setelah itu, bungkus potongan keju dengan kertas roti atau kertas lilin, lalu bungkus lagi dalam lapisan plastik sebagai perlindungan tambahan.

keju

Kue kering dan biskuis

Lapisi wadah kue dengan kertas blotting pada bagian bawahnya. Cara ini berfungsi untuk menjaga tekstur kue kering dan biskuit agar tetap renyah. Simpanlah wadah tersebut dalam wadah kedap udara dengan penutup yang sangat ketat.

Kue Kering dan Biskuit

Kacang

Kemas kacang dalam wadah kedap udara dan dinginkan. Dengan demikian kacang bisa bertahan hingga kurang lebih satu tahun.

kacang

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini