nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival Jadi Ajang Promosi Kuliner dan Produk Asli Indonesia

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 18 September 2018 18:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 18 298 1952237 wonderful-indonesia-culinary-shopping-festival-jadi-ajang-promosi-kuliner-dan-produk-asli-indonesia-TJnshpwxGB.jpg Kuliner Indonesia (Foto: Wonderful Indonesia)

KETIKA berlibur ke suatu destinasi, wisatawan biasanya akan meluangkan waktu untuk berbelanja dan berburu kuliner khas. Kedua aktivitas tersebut seakan tidak boleh terlewatkan. Terlebih aktivitas seperti itu dapat dilakukan secara bersamaan bila mengunjungi pusat perbelanjaan. Sebab di sanalah toko dan rumah makan ditemui dengan mudah.

Hal ini yang tampaknya disadari benar oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI). Bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, APPBI akan menggelar ajang 'Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival' (WICSF). Ajang yang tahun ini diikuti oleh ratusan pusat belanja di 20 provinsi di Indonesia menjadi penyelenggaraan ketiga kalinya.

"Dari pertama kita buat dengan modal nekat, ternyata hasilnya (WICSF). Dengan pengalaman kita berusaha untuk memperbaikinya setiap tahun. Di tahun ini kita coba untuk (pembukaan) di Bali karena banyak permintaan," ungkap Stefanus Ridwan selaku Ketua Umum APPBI saat ditemui Okezone dalam acara konferensi media, Selasa (18/9/2018) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat.

Menurutnya, acara ini merupakan upaya untuk menaikkan jumlah kunjungan wisatawan, mengenalkan kuliner Nusantara, serta memperlihatkan belanja di Indonesia tidak kalah di luar negeri. Berkaitan dengan kunjungan wisatawan, acara ini bisa dikatakan cukup menarik perhatian wisatawan mancanegara. Oleh karenanya Kemenpar menjadikan ajang WICSF sebagai salah satu Calendar of Event.

wonderful indonesia

Menteri Arief Yahya menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara pada acara ini sebanyak 18 ribu orang. Mengingat bersamaan dengan acara ini ada 2 event internasional. "Ada IMF World Bank di Bali yang digelar 12-14 Oktober. Lalu di Jakarta ada Asian Para Games. Kita harapkan wisman belanja rata-rata USD 2.500 selama kedatangan di Indonesia," tuturnya saat ditemui dalam kesempatan yang sama.

Ajang WICSF yang didesain seperti festival diharapkan dapat mendorong perekonomian dan menaikkan angka transaksi kuliner belanja guna memberikan kontribusi kepada sektor pariwisata. Selain itu, ajang ini sebagai sarana mempromosikan wisata kuliner dan belanja menyuguhkan nilai otentisitas dan produk lokal. Maka dari itu, ajang ini juga akan diikuti oleh para pelaku UMKM yang menjual produk berkualitas.

Acara ini akan digelar selama satu bulan penuh, mulai dari tanggal 27 September - 27 Oktober 2018. Banyak pula diskon yang akan ditawarkan untuk menikmati kuliner dan berbelanja. WICSF digelar serentak di sejumlah provinsi antara lain Jakarta, Pekanbaru, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Timur.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini