nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siapa Sangka 5 Makanan dan Minuman ni Ditemukan Secara Tak Sengaja

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 19 September 2018 03:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 18 298 1952287 siapa-sangka-5-makanan-dan-minuman-ni-ditemukan-secara-tak-sengaja-Ua2zgsBLG2.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANYAK orang mencoba berinovasi dengan makanan, sebut saja es kepal milo, atau pizza mie dan masih banyak lagi. Makanan-makanan tersebut memang sengaja diciptakan untuk para penikmat makanan.

Tapi, ada beberapa jenis makanan dan minuman di dunia yang ditemukan secara kebetulan. Sekilas memang terdengar mustahil, apalagi jika dibandingkan dengan penemuan-penemuan mutakhir yang harus melewati banyak trial dan error.

Apa saja penemuan kebetulan itu? Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Okezone dari The Daily Meal.

Baca Juga: Setelah Medsos Ramai dengan #CrazyRichSurabayan, Kini Muncul #CrazyRichBekasians, Dijamin Ngakak!

Popsicle (es stik)

Pada 1905, Frank Epperson yang saat itu masih berusia 11 tahun tanpa sengaja meninggalkan segelas soda bersama tongkat pencampurnya, di teras rumah saat malam yang dingin. Di pagi hari, minuman tersebut telah berubah menjadi balok es dengan rasa yang cukup unik.

Lalu 18 tahun kemudian, Epperson mematenkan penemuannya yang ia beri nama Epsicle. Nama tersebut kemudian diubah menjadi popsicle beberapa tahun setelahnya.

Keripik kentang

Pada tahun 1853, menurut sebuah legenda, seorang pengunjung di sebuah hotel bernama Moon's Lake House yang berada di kota Wisata Saratoga Springs, New York, mengeluh bahwa kentang gorengnya tidak cukup renyah dan mengembalikan makanan tersebut ke dapur.

Koki yang frustasi, George Crum, memutuskan untuk mengiris kentang setipis mungkin, lalu menggorengnya. Sang pengunjung pun sangat menyukainya. Selama beberapa dekade setelah penemuan itu, keripik kentang sering disebut dengan istilah keripik Saratoga.

Baca Juga: Viral #CrazyRichSurabayan di Media Sosial, 8 Momen Ini Bikin Kamu Iri Banget!

Bir

Bir telah ada selama sekitar 10.000 tahun lalu, dan sebagian besar sejarawan sependapat bahwa minuman beralkohol ini ditemukan secara kebetulan. Menurut asumsi mereka, bir diciptakan ketika biji-bijian ditinggalkan di ruangan lembab, lalu tercampur beberapa ragi liar, kemudian terjadilah proses fermentasi.

Ice cream cones

Makanan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1904 di acara St. Louis World's Fair. Kala itu seorang penjual es krim menyajikan dagangannya di atas sebuah cangkir kaca. Ia berjualan di sebelah pedagang asal Timur Tengah yang menjual kue-kue tradisional bertekstur tipis dan renyah, bisa dibilang mirip wafel.

Nah, ketika si penjual es krim kehabisan cangkir, penjual kue itu menggulung wafel menjadi bentuk kerucut (cone) sebagai penggantinya. Dari kisah inilah kudapan lezat itu lahir.

Tofu

Menurut sejarahnya, tofu atau tofu ditemukan oleh orang Cina kuno dan ada beberapa cerita yang berkembang di tengah masyarakat. Satu legenda bercerita tentang kisah seorang juru masak yang menjatuhkan coagulant bernama nigari ke dalam panci berisi susu kedelai.

Klaim lain mengatakan bahwa kedelai rebus dicampur dengan garam yang mengandung kalsium dan magnesium, sehingga memicu proses pembekuaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini