nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menpar Yakin Sport Tourism Datangkan 250 Ribu Wisman Tahun Ini

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 18 September 2018 21:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 18 406 1952321 menpar-yakin-sport-tourism-datangkan-250-wisman-tahun-ini-wXrNrhCWwx.jpg Tour de Flores 2016 (Foto: Okezone)

ACARA berbasis olahraga yang digabungkan dengan pariwisata atau sport tourism di Indonesia semakin menjanjikan. Menteri Pariwisata Arief Yahya pun yakin sport tourism mampu mendatangkan 250 ribu wisatawan mancanegara (wisman) tahun ini.

"Event sport bisa digabungkan dengan pariwisata lain, misalnya dengan wisata budaya dan wisata belanja. Proyeksi Kemenpar, sport tourism berkontribusi sebesar 1,25 persen dari 20 juta wisman," ujar Arief Yahya dalam acara Welcome Dinner dengan Finalis Putri Pariwisata 2018 di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin, 17 September 2018.

Menpar melanjutkan, dengan 250 ribu wisman, dapat menghasilkan devisa sebesar 250 juta dolar. Event sport tourism diyakini membawa banyak wisman ke Tanah Air karena berdasarkan data Kemenpar, sebanyak 65 persen wisman datang karena aspek budaya, 35 persen karena keindahan alam, dan 5 persen karena wisata buatan yang di dalamnya termasuk sport tourism.

 (Baca Juga:8 Tempat Wisata Singapura di Film Crazy Rich Asians yang Wajib Kamu Kunjungi)

Di Indonesia sendiri, ada beberapa event sport tourism yang menjadi andalan. Baru-baru ini, ada Asian Games 2018 yang diprediksi mendatangkan 150 ribu wisman. Event lainnya adalah Jakarta Marathon, Tour de Singkarak, Bali Marathon, dan Tour de Ijen.

 

"Nilai tertinggi dari penyelenggaraan event sport tourism adalah pada pemberitaan, sehingga dukungan media sangat menentukan karena akan memengaruhi para sponsor," ujar Menpar Arief.

 (Baca Juga:Jangan Asal Jepret! Simak Dulu 4 Tips Street Photography untuk Pemula)

Perkembangan sport tourism inilah yang juga dipilih menjadi tema pada penyelenggaraan Putri Pariwisata Indonesia (PPI) 2018. Mengangkat tema Enjoying Wonderful Indonesia's Sport Tourism, PPI 2018 diikuti oleh 38 finalis yang mewakili 34 provinsi di Indonesia.

Penyelenggaraan ke-11 ini akan dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day) yang diperingati setiap tanggal 28 September. Ketua Yayasan EL John Indonesia, Johnie Sugiarto mengatakan, olahraga dapat menarik banyak wisatawan dan menggerakkan perekonomian.

"Perputaran ekonominya semakin besar dan semakin dahsyat berkat dukungan IT serta media sosial yang luar biasa cepat dan sangat luas. Bahkan negara penyelenggara selalu mendapatkan promosi negara, destinasi dan pariwisata yang luar biasa," pungkas Johnie.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini