nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gula Warna Kuning atau yang Putih Bersih, Mana Lebih Baik? Ini Kata Dokter

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 18 September 2018 12:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 18 481 1952000 gula-warna-kuning-atau-yang-putih-bersih-mana-lebih-baik-ini-kata-dokter-TEEJ6XGBnp.jpg Gula kuning dengan gula warna putih bersih (Foto:Thinkstock)

GULA merupakan salah satu bahan makanan yang tak dapat dipisahkan dalam hidup kita. Ya, setiap bahan makanan yang kita konsumsi, pasti memiliki kandungan gula di dalamnya.

Oleh sebab itu, kita harus berhati-hati terhadap setiap makanan yang akan dikonsumsi. Jika salah mengonsumsi makanan, maka penyakit kronis sepeti diabetes bisa menghantui Anda.

Berbicara menyoal gula, Anda pasti bisa membedakan ada dua jenis gula yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Ada gula yang berwarna sangat putih, tapi ada pula gula yang berwarna kekuningan.

Tentu saja banyak pertanyaan yang timbul dari perbedaan dua macam gula ini. Manakah yang lebih baik?

Spesialis Gizi Klinik, dokter Diana, menuturkan kedua macam gula tersebut sebenarnya sama. Hanya saja gula yang berwarna putih bersih, telah melewati proses kimia untuk memberikan warna yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

 

Demikian juga rasa manis yang ditimbulkan dari gula tersebut pun berbeda. Gula putih bersih memiliki rasa cenderung kurang manis dibandingkan gula kuning.

Hal ini yang kemudian menyebabkan seseorang memakai gula putih lebih banyak untuk memberikan rasa manis pada makanan dan minuman yang hendak dikonsumsinya.

“Gula putih bersih adalah gula yang telah melewati proses kimia agar menciptakan warna yang lebih putih dan bersih. Namun, proses tersebut membuat rasa manis dari gula tersebut menjadi berkurang ketimbang gula kuning alami,” tutur dr Diana, saat dijumpai Okezone, Selasa (18/9/2018).

 

Dokter Diana juga menganjurkan supaya masyarakat yang ingin menciptakan rasa manis pada makanannya, agar menggunakan gula kuning alami. Selain lebih manis, penggunaan banyak gula pun bisa lebih dikurangi untuk menghindari penyakit serius.

“Untuk beberapa orang yang menginginkan rasa manis yang kuat pada hidangannya pasti akan menggunakan gula putih bersih ini dua kali lebih banyak dari gula pada umumnya. Alhasil seseorang akan kelebihan gula dan bisa menyebabkan diabetes,” tutupnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini