nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daripada Merokok, Jam Istirahat Kerja Mending Aerobik, Dijamin Segar Lagi

Firda Janati, Jurnalis · Selasa 18 September 2018 15:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 18 481 1952100 daripada-merokok-jam-istirahat-kerja-mending-aerobik-dijamin-segar-lagi-OlTVQ4BBKE.jpg Olahraga di kantor yang praktis (Foto:Indianatimes)

BEKERJA pasti menguras tenaga dan otak. Istirahat selama satu jam pada saat bekerja sebenarnya cukup untuk menyegarkan otak selama bekerja. Latihan ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan konsentrasi dan membuat Anda semangat.

Penelitian yang dilakukan oleh Keita Kamijo, asisten professor di Universitas Waseda, Tokyo, yang dikutip Okezone dari Indiatimes, Selasa (18/9/2018), menunjukkan bahwa latihan sederhana lebih baik daripada latihan yang keras selama masa jam kerja. Penelitian ini menunjukan bahwa latihan aerobik memiliki efek menguntungkan pada kemampuan orang untuk merencanakan, memperhatikan, daya ingat, dan fokus dalam bekerja.

Vicky Shu, si Mamah Seksi yang Kini Sibuk Momong Anak

“Gerakan aerobik dapat meningkatkan ingatan dan perhatian Anda dalam jangka pendek di tempat bekerja atau sekolah. Lebih baik untuk melakukan latihan-latihan yang tidak rumit dengan banyak tuntutan”, katanya

Menurut Profesor Kamijo Bukan berarti latihan lain seperti yoga yang memiliki intensitas tinggi tidak baik untuk meningkatkan daya otak. Tetapi hal ini tidak mungkin untuk dilakukan pada saat jam istirahat kerja, karena latihan yoga memerlukan waktu yang cukup lama daripada gerakan aerobik.

“Untuk kognisi jangka panjang, bagaimanapun, latihan semacam itu (yoga) juga sehat. Ada kemungkinan jika melakukan olahraga tersebut diperlukan lebih banyak beban pada otak untuk fungsi kognitif”, kata Kamijo.

 Melenggang di New York Fashion Week, Putri Madonna Pamer Kaki Penuh Bulu

 

Profesor Dr John Ratey dari Harvard Medical School di Boston, Amerika Serikat, mengatakan bahwa latihan aerobik dapat mengingkatkan memori kerja. Terlalu banyak berolahraga juga dapat menguras otak. Oleh karena itu, penting untuk melakukan latihan sederhana seperti aerobik walaupun dengan waktu yang singkat.

“Sebanyak 80 hingga 90 persen orang akan menjadi lebih terangsang, menghilangkan rasa lelah, memiliki lebih banyak energi, dan lebih semangat serta termotivasi saat bekerja. Jika mereka melakukan kebiasaan olahraga”, jelasnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini