Gak Usah Nekat! Jangan Katakan 8 Hal Ini Pada Wanita yang Sedang Menstruasi

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 19 September 2018 06:13 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 19 196 1952400 gak-usah-nekat-jangan-katakan-8-hal-ini-pada-wanita-yang-sedang-menstruasi-9mMVZspILZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERIODE menstruasi yang terjadi setiap bulan pada hampir setiap wanita dapat memberikan perubahan mood yang tak terduga. Namun tidak semua wanita beruntung mendapatkan periode menstruasi yang teratur dan tanpa rasa sakit.

Sebagian wanita merasakan sakit yang teramat pada perutnya ketika menstruasi. Ada pula yang sampai tidak bisa bangun dari tempat tidur, bahkan mengalami demam pada setiap periodenya.

Sebagai pria, mungkin Anda tidak bisa sepenuhnya memahami apa yang dirasakan wanita di masa menstruasinya. Karena itu, cobalah untuk lebih mengerti dengan tidak mengatakan sesuatu yang membuat teman wanita atau kekasih Anda marah. Dilansir dari Lovepanky, Rabu (19/9/2018), inilah beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda katakan pada wanita di masa menstruasinya:

Baca Juga: Gaya-Gaya Chef saat Memasak, Nomer 2 Bikin Pria Gagal Fokus!

Kenapa sih, Lagi dapat ya?

Jangan tanyakan hal ini pada wanita. Karena jika jawabannya adalah ‘tidak’, mungkin Anda akan mengalami masalah. Tapi jika jawabannya ‘iya’, maka masalah besar sudah di depan Anda. Tidak semua wanita yang sedang mengekspresikan emosinya berarti sedang menstruasi. Hal yang harus Anda lakukan adalah bertanya dengan baik-baik apa yang dia rasakan.

Nanti Saja kalau sudah selesai

Kalimat ini bisa membuat Anda dalam masalah. Ini menunjukkan jika Anda berniat menghindari, alih-alih menghiburnya. Kalimat ini juga bisa membuat dia merasa marah dan mengancam tidak akan berbicara lagi dengan Anda.

PMS cuma di pikiranmu saja

Pre-Menstruation Syndrome (PMS) sering disebut sebagai penyebab berubahnya mood wanita dengan tiba-tiba. Tapi jika Anda berani mengatakan hal ini di depannya, bukan saja akan tersinggung, dia bisa menghindari Anda berhari-hari.

Baca Juga: Jadi "Sugar Baby", Mahasiswi Ini Diberi Uang Jajan Hampir Rp15 Juta untuk Sepekan

Jangan mengeluh terus!

Pada umumnya, wanita yang sedang mengalami menstruasi akan merasakan nyerinya perut saat banyak darah keluar. Jadi jangan pernah menyuruhnya berhenti mengeluh karena Anda tidak tahu bagaimana rasa sakitnya.

Apakah cokelat bisa membuatmu lebih baik?

Saat mood-nya sedang tidak stabil, yang diinginkan wanita bukanlah pertanyaan. Alih-alih menanyakan hal yang Anda sudah tahu jawabannya, lebih baik langsung lakukan hal itu. Bisa jadi itu akan membuat harinya lebih mudah.

Kenapa kamu menangis?

Saat dalam periode haid, wanita akan lebih sensitif dan bisa menangis tanpa sebab yang jelas. Jadi jangan tanyakan hal ini dengan nada tinggi. Cukup berikan pundak Anda agar dia merasa tenang.

Kamu hanya cari alasan untuk marah

Wanita yang marah dalam masa menstruasinya tidak melakukannya dengan alasan. Jadi jika dia sedang merasa tidak baik-baik saja, jangan memperburuk keadaan dengan mengatakan hal tersebut.

Kamu terlalu sensitif, santai saja!

Mereka sadar saat itu memang mereka lebih sensitif. Tapi tak perlu Anda mengatakannya dengan jelas. Jika Anda mengatakan “santai saja!”, maka hal ini justru bisa membuat dia lebih marah. Jika Anda ingin hubungan baik-baik saja, lebih baik tidak mengatakannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini