nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Madiun Punya Perlintasan Kereta Paling Unik Sejagad, Seperti Apa?

Agregasi Solopos, Jurnalis · Rabu 19 September 2018 17:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 19 196 1952701 madiun-punya-perlintasan-kereta-paling-unik-sejagad-seperti-apa-vV884ISnBQ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PALANG perlintasan kereta api, dibuat untuk menjaga keamanan pengguna jalan dari kemungkinan kecelakaan. Maklum saja, kereta api memang tidak bisa berhenti mendadak layaknya sepeda motor maupun mobil.

Kereta api juga punya jalur khusus yang tidak boleh dilewati kendaraan lain. Jadi, pengguna jalan harus bersabar menunggu kereta lewat ketika berada di persimpangan dekat rel.

Pengguna jalan pun harus menunggu kereta lewat dan petugas menaikkan kembali palang tersebut. Jadi, palang biasanya dipasang beberapa meter di depan perlintasan. Namun, ternyata ada palang perlintasan yang cukup unik di Madiun, Jawa Timur.

Baca Juga: 10 Transgender Ini Cantiknya Gak Kalah dengan Perempuan Asli, Lihat Saja Sendiri!

Palang tersebut memang dipasang di depan rel. Namun, dalam video viral di Twitter yang diunggah @MurtadhaOne, memperlihatkan kejadian unik. Sejumlah pengendara berhenti di depan perlintasan setelah palang diturunkan untuk menunggu kereta api lewat.

Tetapi, tidak ada kereta api yang lewat di perlintasan tersebut. Kereta api itu justru datang dari arah belakang tempat pengendara berhenti. Pengendara baru bisa melintas setelah petugas menaikkan kembali palang tersebut meski tidak ada kereta yang lewat.

Meski cukup aneh, kejadian tersebut kabarnya menjadi pemandangan sehari-hari di Madiun, Jawa Timur. Perlintasan kereta api unik itu berada di Jalan Yos Sudarso dekat Stasiun Madiun. "Perlintasan kereta api paling aneh di dunia. Palangnya di mana, keretanya di mana, #Madiunpunya," tulis @MurtadhaOne.

Baca Juga: Guru Cantik di Denpasar Curi Perhatian, Netizen: Jadi Pengen Salaman Sama Bu Guru di Depan Penghulu

Warganet yang menonton video itu pun ikut tertawa. Mereka cukup kaget melihat ada perlintasan kereta api yang unik seperti itu. "Ini keretanya kayak ngeledek, wekk salah week. Aku lewat sini week, hahaha," komentar @Laksmi_DA.

"Hahaha ga nyambung banget. Kalau gw di situ, gue kempesin ban kereta. Ngeselin banget," sambung @RamadanAfdi.

"Iya kalau lihat video udah nungguin emang kesel. Tapi, kalau orang Madiun udah biasa lihat yang seliweran lewat jalur itu. Hehehe, asyik kalau pas kebetulan yang lewat gerbong baru," lanjut @kirei_Rena.

Sebagai informasi, di perlintasan Jl Yos Sudarso dekat stasiun KA Madiun, terdapat dua buah jalur KA berada di jarak yang cukup berdekatan. Satu jalur dilengkapi dengan palang pintu perlintasan KA serta ada petugas yang berjaga. Namun, satu jalur lagi melintas secara menyerong jalan raya dan tak dilengkapi palang pintu perlintasan. Jalur ini menuju pabrik PT Inka dan dekat permukiman warga.

Di sinilah keunikannya. Ketika KA tak berpalang pintu melintas, petugas palang pintu di jalur KA di sebelahnya rupanya ikut menutup palang. Tujuannya tentu agar kendaraan yang melintas di jalan raya tak menerabas lantaran ada KA yang bakal lewat.




Ditutupnya palang pintu inilah yang disangka orang bakal ada kereta melintas di depannya. Padahal, kereta yang ditunggu-tunggu itu tidak melintas di depannya, melainkan di belakangnya.

Menurut warga sekitar, kereta yang melintas di rel tak berpalang pintu itu memuat bahan bakar dari pertamina. Kejadian unik tersebut biasa terlihat setiap pagi dan sore lantaran KA yang melintas di jalur menyerong tak sesering KA penumpang reguler.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini