nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makan Pempek Bisa Bikin Gigi Berlubang, Simak Siasat Mencegahnya!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 19 September 2018 10:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 19 481 1952509 makan-pempek-bisa-bikin-gigi-berlubang-simak-siasat-mencegahnya-DUetjNvmI5.jpg Pempek bisa bikin gigi berlubang (Foto: Pempekgolden18)

MERAWAT dan menjaga kesehatan gigi merupakan kewajiban setiap manusia. Pasalnya gigi memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah mengunyah makanan.

Berbicara seputar gigi, masalah yang sering dialami manusia adalah karies dan gigi berlubang. Jika Anda tidak rajin dalam menjaga kebersihan mulut, maka akan timbul karies yang akan berujung pada gigi berlubang.

Karies gigi bisa terjadi karena dua faktor yakni tidak rajin dalam membersihkan gigi dan juga beberapa makanan yang bersifat asam. Asam dari makanan tersebut membuat PH dalam gigi Anda menurun sehingga rentan terhadap pengikisan.

Dalam acara Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2018, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyadari pentingnya kesehatan gigi.

Acara pembukaan BKGN 2018 dilaksanakan di Palembang yang terkenal dengan pempek makanan khasnya. Nah, tanpa disadari masyarakat palembang banyak yang mengalami karies gigi karena kebiasaan mereka mengonsumsi pempek.

Cuka yang terkandung dalam kuah pempek, ternyata akan mengikis gigi jika seseorang tidak bisa menjaga dengan baik kebersihan giginya. Apalagi jika seseorang sangat sering mengonsumsi pempek, maka risiko mengalami karies gigi sangatlah besar.

Hal ini dibenarkan oleh oleh Drg Ratu Mirah Afifah GCClindent MDSc. Ia mengatakan orang Palembang memang berisiko tinggi mengalami karies dan gigi berlubang karena. Kebiasaanya makan pempek. Pempek akan membuat PH gigi menurun yang berujung pada kerusakan.

“Di Palembang pempek sudah seperti makanan pokok masyarakat. Tanpa disadari cuko pada kuah pempek itu bersifat asam yang jika terus menerus dikonsumsi bisa menurunkan PH pada gigi. Jika PH pada gigi Anda menurun, maka gejala awal yang ditimbulkan adalah karies yang akan menyebabkan gigi berlubang jika tidak ditangani dengan cepat,” tutur Dr Ratu Mirah, saat dijumpai Okezone, Rabu (19/9/2018).

pempek palembang

Dr Ratu Mirah juga menyebut bahwa PH normal gigi manusia adalah tujuh. Mengonsumsi pempek secara sering setiap harinya otomatis akan menyebabkan PH menurun secara drastis. Jika sudah menurun, gigi membutuhkan proses penyebuhan yang cukup lama, untuk kembali mempertahankan kekuatannya.

“PH gigi manusia secara normal adalah tujuh. Jika Anda makan pempek secara rutin (pagi, siang, malam) seperti kebanyak orang Palembang, sudah dipastikan PH gigi Anda akan menurun akibat cuko pada kuah pempek tersebut,” lanjut Dr Mirah.

Sebagai upaya mencegah terjadinya gigi berlubang, Dr Ratu Mirah mengajak masyarakat untuk rajin menyikat gigi dan berkumur tiap kali selesai mengonsumsi pempek yang menjadi makanan khas mereka.

“Bagi masyarakat palembang yang kerap mengonsumsi pempek, ada baiknya untuk rajin menyikat gigi untuk mengurangi efek tajam dari asam cuko pada kuah. Jika tidak sempat mengambil sikat dan pasta gigi, hal yang bisa Anda lakukan adalah berkumur sebagai pencegahan karies dan gigi berlubang,” tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini