9 Kebiasaan Unik yang Bikin Kamu Panjang Umur, Susah-Susah Gampang Dilakukan Nih

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 19 September 2018 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 19 481 1952621 9-kebiasaan-unik-yang-bikin-kamu-panjang-umur-susah-susah-gampang-dilakukan-nih-ChGNrpzXmR.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP orang tentu ingin memiliki umur yang panjang dengan hidup berkualitas. Untuk mendapatkannya, tentu diperlukan banyak usaha. Mulai dari mengatur pola makan, pola istirahat, hingga rutin berolahraga. Selain itu, ada beberapa kebiasaan lain yang bisa dilakukan.

Melansir Bright Side, Rabu (20/9/2018), inilah 10 kebiasaan yang membuat seseorang hidup lebih lama :

Baca Juga: Gula Warna Kuning atau yang Putih Bersih, Mana Lebih Baik? Ini Kata Dokter

1. Tidur pukul 10 malam hingga 6 pagi

Setiap harinya orang membutuhkan 8 jam tidur. Menurut para dokter di China waktu tidur terbaik adalah pukul 10 malam hingga 6 pagi. Sistem kekebalan tubuh akan melawan virus dan menghilangkan racun dari tubuh mulai pukul jam 9 malam sampai 11 malam.

Kemudian, hati pulih secara aktif mulai pukul 11 malam hingga jam 1 pag. Lalu paru-paru dibersihkan mulai pukul 3 pagi hingga jam 5 pagi. Terakhir, usus dibersihkan mulai dari jam 5 pagi hingga jam 7 pagi. Untuk membuat semua proses itu berjalan dengan baik diperlukan waktu istirahat yang cukup.

2. Jangan dengarkan omongan orang

Para ilmuwan dari Amerika Serikat tidak terlalu memikirkan omongan orang lain terhadap diri sendiri dapat membantu seseorang hidup lebih lama. Sebab bila terlalu dipikirkan dapat membuat seseorang menjadi dikendalikan dengan omongan tersebut, kurang spontan, dan lebih gugup. Dengan begitu dirinya menjadi tidak bahagia.

3. Berjemur di bawah sinar matahari

Sinar matahari kaya akan vitamin D yang dapat membantu memerangi depresi dan mengurangi risiko diabetes. Untuk itu berjemur di bawah sinar matahari memberikan dampak positif. Tapi jangan lupa gunakan sunblock agar kulit tidak rusak karena paparan sinar ultraviolet.

4. Jangan terlalu sering menyikat gigi

Sikatlah gigi 2 kali setiap hari pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Jangan menggosok gigi dan menggunakan obat kumur terlalu sering karena dapat merusak enamel gigi.

5. Makan lebih banyak tomat

Ilmuwan Amerika dari Tufts University di Boston menemukan hasil peneltian seseorang dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular hingga 26% hanya dengan memasukkan tomat dalam makanannya. Tomat mengandung antioksidan lycopene.

6. Jangan pasang alarm terlalu keras

Dering alarm yang terlalu keras atau benda lain yang membuat kebisingan seperti ketel dan peluit dapat meningkatkan risiko serangan jantung, terutama pada orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Selain itu, suara tajam dapat memengaruhi sistem saraf secara negatif.

7. Hindari menyentuh rokok

Menghirup asap rokok diketahui memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Bahkan hanya dengan menyentuhnya dapat memberikan efek negatif karena adanya zat radioaktif di dalam rokok.

8. Menari

Para ilmuwan dari Prancis mengatakan belajar menari adalah cara terbaik untuk memperpanjang umur seseorang. Tarian terbaik untuk umur panjang adalah salsa karena membuat tulang kuat, meningkatkan fungsi paru-paru dan sistem darah, serta membantu untuk mengatasi asma. Selain itu juga dapat meningkatkan suasana hati.

9. Mengenakan kaus kaki basah

Mungkin beberapa orang beranggapan cara ini dapat membuatnya masuk angin. Tapi mengenakan kaus kaki basah bisa membawa banyak manfaat karena terjadinya kontraksi pembuluh darah.

Hal itu dapat membuat semua nutrisi yang baik dikirim ke jaringan dan organ tubuh. Nutrisi tersebut penting untuk menstimulasi sirkulasi dan melawan sebagian besar infeksi serta mengeluarkan racun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini