nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas Bahaya Dehidrasi, Kenali 7 Gejala yang Dialami Tubuh

Firda Janati, Jurnalis · Kamis 20 September 2018 07:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 19 481 1952804 awas-bahaya-dehidrasi-kenali-7-gejala-yang-dialami-tubuh-0Jcjeb3qlz.jpg Ilustrasi dehidrasi (Foto: Fitlife)

AIR adalah elemen paling penting untuk kehidupan manusia. Tubuh manusia terdiri dari hampir 70 persen air. Jika tubuh kekurangan air akan menyebabkan gejala dehidrasi, haus, sulit fokus, dan kelelahan.

Salah satu pertanda awal kekurangan air adalah dehidrasi. Seperti dilansir Okezone dari Readerdigest, Kamis (20/9/2018), berikut 7 tanda yang menyatakan bahwa Anda dehidrasi.

(Baca Juga: Pakai Hijab di Kontes Kecantikan Internasional, Wanita Berdarah Indonesia Ini Curi Perhatian)

Memiliki nafas yang bau

Air liur bekerja untuk membersihkan partikel makanan yang terkumpul di lidah, di antara gigi, dan sepanjang gusi setelah makan. Jika mulut kering, sisa-sisa makanan tersebut memungkinkan bakteri untuk berkembang biak. Hal tersebut membuat mulut Anda mengeluarkan aroma tak sedap. Minumlah air untuk menjaga mulut tetap segar dan lembap. Selain minum, Anda juga bisa mengonsumsi permen karet atau permen penghisap tanpa gula yang membantu merangsang air liur.

 

Rewel

Para peneliti di Laboratorium Kinerja Manusia di Universitas Connecticut, Amerika, melakukan penelitian dengan 25 wanita yang minum air putih selama satu hari dan tidak pada hari berikutnya. Ketika mulai dehidrasi, peserta wanita ini mengatakan dirinya lebih mudah lelah, cepat marah, sakit kepala dan kesulitan fokus. Selain pada wanita, penelitian tersebut juga melibatkan pria. Namun, hasil dari penelitian mengungkapkan perubahan hati wanita saat mengalami dehidrasi lebih buruk daripada pria.

Mengidam kue

“Setelah kegiatan yang berat, tubuh tidak hanya mengalami dehidrasi. Tetapi glikogen yang ada dalam tubuh juga menurun”, kata Kim Larson, ahli diet olahraga dan juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet. Glikogen adalah karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk energi. Mengidam kue merupakan salah satu pertanda kalau tubuh mengalami dehidrasi. Menurut Larson, buah-buahan dan yogurt memiliki kandungan air tinggi yang dapat membantu kamu rehidrasi.

Kulit menjadi kurang elastis

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, elastisitas kulit akan berkurang. Jika dalam kondisi normal, ketika punggung tangan dicubit dan dilepaskan akan cepat kembali pada konsiri normal. Tetapi, ketika dehidrasi, saat dicubit dan dilepaskan, kulit akan lambat untuk kembali ke kondisi normalnya.

 

Latihan yang tidak maksimal

Dehidrasi mengurangi tekanan darah dan membuat jantung bekerja lebih keras yang berdampak pada kualitas latihan olahraga. Ketika dehidrasi kapasitas olahraga bisa menurun hingga 30 persen.

Tidak fokus dalam mengemudi

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Fisiologi dan Perilaku, mengemudi saat sedang dehidrasi sangat berbahaya bagi Anda dan pengguna jalan lain. “Dehidrasi menyebabkan kelelahan dan memengaruhi kemampuan pikiran, kognitif, dan reaksi kita terhadap sesuatu”, kata Larson

 Baca Juga: 10 Transgender Ini Cantiknya Gak Kalah dengan Perempuan Asli, Lihat Saja Sendiri!)

Merasa pusing setelah duduk atau berbaring

Salah satu tanda dehidrasi yang gampang untuk diketahui adalah merasa pusing atau bahkan pingsan. Pusing bisa dirasakan ketika Anda bangun dari duduk atau berbaring.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini