Yuk, Cegah Demensia dengan 5 Cara yang Tak Biasa

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 20 September 2018 02:33 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 19 481 1952909 yuk-cegah-demensia-dengan-5-cara-yang-tak-biasa-plfLHDfujZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA waktu belakangan penyakit demensia mulai menjadi perhatian. Penyakit yang membuat fungsi otak menurun ini memang dapat mengurangi kualitas hidup di masa yang akan datang. Banyak faktor yang dapat memicu penyakit ini, salah satunya adalah pola hidup yang tidak sehat.

Beruntung demensia dapat dicegah sejak usia muda. Tak perlu melakukan kebiasaan yang memberatkan. Kebiasaan-kebiasaan kecil dan tergolong menyenangkan bisa menjadi kuncinya. Berikut kiat sederhana untuk mencegah demensia seperti yang dilansir Okezone dari Mirror.

Baca Juga: Pakai Hijab di Kontes Kecantikan Internasional, Wanita Berdarah Indonesia Ini Curi Perhatian


Tenis meja dan menari 

Terapis gizi Clare Daley menyatakan olahraga dapat membantu mencegah demensia. Daripada memilih olahraga yang berat, pilihlah yang dapat membantu melatih tubuh dan otak seperti tenis meja dan menari. Latihan yang lebih rumit menjadi lebih baik.

Sarapan bernutrisi

Memulai hari dengan sarapan adalah hal yang penting. Pilihlah makanan bernutrisi yang dapat membantu menjaga otak tetap sehat. Sebut saja blueberry yang memiliki banyak antioksidan dan dapat meningkatkan konsentrasi serta memori. Bisa juga dipilih kenari yang tinggi lemak sehat dan coklat hitam yang mengandung cocoa baik untuk otak.

Baca Juga: Guru Cantik di Denpasar Curi Perhatian, Netizen: Jadi Pengen Salaman Sama Bu Guru di Depan Penghulu

Menonton acara TV

Stres memiliki pengaruh negatif pada otak karena melepaskan hormon kortisol yang berkaitan dengan masalah dengan ingatan. Stres juga memengaruhi sistem kekebalan tubuh yang diketahui memainkan peran penting dalam perkembangan demensia.

Oleh karena itu, penting menjaga otak tetap sehat dengan cara membuatnya pulih kembali. Bisa dengan menonton acara TV yang bertajuk alam atau humor untuk mengurangi stres. Sebaliknya, hindari acara drama aksi tinggi saat memiliki banyak beban pikiran.

Menulis jurnal kebahagiaan

Positif terhadap segala sesuatu dapat memberikan dampak yang baik. Cobalah menulis jurnal kebahagiaan atau rasa syukur setiap hari, bahkan meskipun hari itu ada kegiatan yang menyebalkan. Tulis paling 3 hal yang baik. Dengan begitu stres dapat berkurang.

Bernyanyilah dengan suara nyaring

Tidak peduli apakah Anda memiliki suara bagus atau tidak, bernyanyi dengan volume yang keras alias nyaring dapat meningkatkan suasana hati dan menstimulasi saraf yang menghubungkan otak dengan usus. Usus yang sehat adalah kunci untuk melawan demensia.

Peneliti Harvard menemukan fakta bakteri usus dapat menyebabkan peradangan bagian belakang otak yang berdampak pada demensia. Maka penting untuk menjaga kesehatan usus. Bernyanyi dengan suara nyaring juga dapat melepaskan endorfin dan bahan kimia bahagia lainnya di otak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini