nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Mendekatkan Diri dengan Alquran Dalam Kehidupan Sehari-hari

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 20 September 2018 11:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 20 196 1953087 tips-mendekatkan-diri-dengan-alquran-dalam-kehidupan-sehari-hari-sbHVy7olft.jpg BAca Alquran (Foto: Shutterstock)

UMAT Muslim diberi kitab suci Al Quran untuk dijadikan pedoman dan petunjuk dalam hidup. Setiap umat tentu sadar dan tahu mempercayai kitab-kitab Allah, salah satunya Al Quran termasuk dalam Rukun Iman yang ke empat, artinya setiap umat beragama Islam harus meyakini dan percaya Allah telah menurunkan Al Quran yang berisi petunjuk dan pedoman agar hidup tidak tersesat.

Akan tetapi, meskipun telah mengetahui dan mengimaninya, manusia kerap merasa sulit untuk menyisihkan waktu membaca Al Quran. Terlarut dalam rutinitas keseharian, Al Quran jadi sering terlupakan. Padahal, tanda-tanda Allah merindukan umat, salah satunya dengan membangunkan kita di tengah malam, yang kerap tidak dimengerti oleh kebanyakan manusia.

Lantas, bagaimana caranya agar lebih mudah jadi lebih dekat dengan Al Quran? Dilansir Okezone dari laman About Islam, Kamis (20/9/2018), berikut lima cara mudah mendekatkan diri dengan Al Quran dalam kegiatan sehari-hari.

BACA JUGA:

Kriteria Karyawan yang Baik dalam Alquran

Menyediakan waktu khusus

Penting untuk memiliki waktu khusus dan bebas gangguan untuk membaca Al Quran sehari-hari. Tujuannya, saat Anda membaca Al Quran bisa dengan khidmat, tenang, dan merasakan kehadiran hati, serta dapat mempelajari arti dari ayat-ayat yang dibaca tersebut.

Waktu membaca Al Quran bisa jadi momen yang tepat untuk refleksi diri, membersihkan pikiran dari kebisingan, dan kekacauan kehidupan sehari-hari. Masa yang tepat untuk membaca Al Quran sebenarnya bisa kapan saja, tapi dianjurkan untuk membacanya pada pagi hari atau larut malam, karena bisa memberikan ketenangan dan kedamaian yang sangat dibutuhkan.

 

Melibatkan Al Quran dalam kegiatan

Membawa Al Quran baik bentuk cetakan buku atau dalam perangkat aplikasi pada ponsel mampu menyibukkan Anda dengan terus mengingat Allah. Isi telinga dengan bacaan-bacaan Al Quran lewat audio dalam pemutar mp3.

Menggunakan indra yang berbeda akan membuat pengalaman mendekatkan Al Quran lebih bermakna. Cara seperti ini bisa dilakukan saat memasak, bepergian, atau ketika sendirian daripada mendengarkan atau terganggu dengan pikiran atau kegiatan negatif.

Mengajak orang-orang sekitar

Setelah dimulai dari diri sendiri, cobalah untuk mengajak orang-orang terdekat dalam keluarga, mulai dari pasangan (suami atau istri), dan anak-anak. Libatkan pasangan dan anak-anak saat berkumpul di rumah. Anda pun dapat saling mendengarkan lantunan bacaan Al Quran, dan saling mengoreksi jika ada tajwid yang sekiranya salah.

Jaga Al Quran tetap dekat

Setelah dimulai janganlah berpikir untuk menghentikan kebiasaan membaca Al Quran secara rutin ini. Jaga Al Quran tetap berada dekat dengan Anda. Ada banyak caranya, mulai dari yang konvensional seperti membawa cetakan Al Quran, memiliki aplikasinya di ponsel, mengisi pemutar mp3 dengan audio pembacaan surat-surat Al Quran, atau tadarus, dan saling mendengarkan.

Membuka Hati

Al Quran adalah hadiah bagi umat Muslim sebagai pedoman untuk menuju jalan damai yang Allah ridhoi, bukan jalan yang Allah murkai. Di sisi lain manusia kerap mendambakan kehidupan yang damai, tapi justru terlarut dalam kesibukan.

Ketika Anda membuka hati untuk menemukan petunjuk dan bimbingan melalui ayat-ayat Al Quran, Anda harus ingat Al Quran adalah sumber panduan bagi umat manusia. Satukan tujuan hidup bersama Al Quran dan cara memenuhinya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini