nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Persiapan yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Orangtua

Firda Janati, Jurnalis · Kamis 20 September 2018 13:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 20 196 1953092 6-persiapan-yang-perlu-diketahui-sebelum-menjadi-orangtua-4yr1tqYkjq.jpg Ilustrasi (Foto: Womensunitedonline)

KEHADIRAN anak memang merupakan suatu anugrah yang tak ternilai bagi setaiap pasangan. Menjadi orangtua merupakan suatu keputusan terbesar, karena banyak yang harus dipersiapkan sebelum menjadi orangtua. Untuk wanita, Anda harus siap dengan segala kemungkinan yang terjadi, mulai dari persiapan kehamilan, saat kehamilan dan melahirkan.

Meskipun bagi yang belum merasakan semua itu terlihat mudah, tetapi sebenarnya Anda harus siap dengan segala perubahan yang akan terjadi ketika buah hati lahir. Dikutip Okezone dari Boldsky, Kamis (20/9/2018), berikut beberapa persiapan yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan menjadi orang tua.

1. Siap secara emosional

Kehamilan akan menguras waktu dan energi, karena Anda harus membatasi beberapa hal yang tidak boleh dilakukan untuk keselamatan si jabang bayi. Selain secara emosional, Anda juga harus menghilangkan pikiran negatif dan emosi tinggi. Anda mungkin pernah kesal atau marah tanpa suatu alasan yang jelas, pada saat kehamilan Anda harus meredam kemarahan, kekesalan, dan pikiran-pikiran negatif tersebut.

2. Siap menjadi seorang ibu

Menjadi seorang ibu merupakan pekerjaan tanpa pamrih dan pengorbanan tanpa akhir. Anda harus siap untuk tidak tidur, tak ada waktu untuk perawatan diri, dan siap akan hal-hal yang tak terduga lainnya. Bahkan ada beberapa wanita yang rela mengorbankan karirnya untuk mengurus anak.

calon ibu

3. Mengorbankan waktu senggang

Apa yang biasanya Anda lakukan di waktu senggang? Jalan-jalan? Menonton film favorit? Atau perawatan diri? Anda harus siap untuk menunda semuanya. Tak mungkin untuk meninggalkan anak seorang diri dirumah. Tapi tenang, hal ini nggak akan berlangsung lama kok, Anda akan bisa melakukannya kembali setelah anak berusia beberapa tahun.

4. Tetap positif apapun yang terjadi

Sebagai orangtua, pasti menemukan situasi di mana hal tersebut terjadi secara tiba-tiba. Misalnya, anak sakit atau terjatuh. Penting bagi orangtua untuk selalu berpikiran positif dan jangan panik, tidak perduli seberapa sulit situasi yang harus dihadapi. Anda harus tetap sabar agar dapat memberikan solusi terbaik bagi sang anak.

5. Ikuti saran dari orang lain

Setiap anak memang memiliki sifat yang berbeda. Tetapi untuk yang baru menjadi orangtua, saran dari orang lain adalah hal yang penting. Dari saran tersebut Anda bisa mendapatkan pengetahuan baru mengenai hal yang berkitan dengan sang anak.

6. Belajar untuk mengendalikan perasaan

Menjadi orangtua bukan berarti Anda harus melepaskan semua perasaan marah dan sedih yang dialami. Tetapi, Anda harus mengontrol kemarahan saat di depan sang anak. Anda harus belajar untuk mengendalikan perasaan agar tidak memengaruhi psikologis anak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini