nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wisata Candi Borobudur Targetkan Kunjungan Wisatawan dari Jakarta Meningkat

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 20 September 2018 16:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 20 406 1953258 wisata-candi-borobudur-targetkan-kunjungan-wisatawan-dari-jakarta-meningkat-OLeQk2Q4Br.jpg Candi Borobudur (Foto: Webintravel)

INDONESIA memang terkenal memiliki objek wisata menarik yang wajib untuk dieksplor. Tak hanya manarik wisatawan lokal, namun keindahan alam Indonesia mampu menghipnotis turis asing untuk berkunjung.

Tak hanya pulau Bali dan Lombok yang menjadi destinasi utama wisatawan, namun objek wisata di Jawa Tengah juga tak kalah indah dan cukup menarik untuk dikunjungi. Saat ini Jawa Tengah dan Yogyakarta sedang menjadi fokus utama Kementerian Pariwisata (Kemenpar), sebagai destinasi utama untuk menggiring wisatawan nusantara (wisnus) atau domestik berkunjung.

Salah satu cara yang dilakukan pemerintah adalah menggelar Misi Penjualan Destinasi Borobudur yang diikuti lebih dari 10 industri pariwisata yang berada di Yogyakarta dan Jawa Tengah. 10 Industri pariwisata tersebut meliputi travel agent, tour operator, hotel, resort, homestay dan desa wisata.

Misi penjualan Destinasi Prioritas Borobudur bertujuan untuk mendorong minat wisatawan di masing-masing daerah, sehingga mereka mau berkunjung ke Borobudur. Misi penjualan Destinasi Prioritas Borobudur memfasilitasi pelaku industri pariwisata dan buyers untuk melakukan kontak dan kontrak bisnis maupun update informasi kepariwisataan di Borobudur dari sumber yang terpercaya.

borobudur

(Foto: Ourawesomeplanet)

Enam kota yang dipilih untuk menyelenggarakan kegiatan ini adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Makasar, dan Batam. Hal ini pun disampaikan langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Ni Wayan Giri Adnyani. Menurutnya program ini bertujuan untuk meningkatkan minat wisatawan domestik, khususnya wisnus dari DKI Jakarta untuk mengunjungi destinasi Borobudur.

“Tujuan kegiatan Misi Penjualan Destinasi Prioritas Borobudur ini adalah terjalinnya kontrak bisnis antara industri pariwisata dari Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan industri pariwisata dari Jakarta. Diharapkan nantinya banyak warga Jakarta yang datang untuk berkunjung ke Borobudur,” terang Ni Wayan Giri Adnyani, saat dijumpai Okezone di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Kamis (20/9/2018).

Menurut data yang diperoleh, terdapat peningkatan yang cukup signifikan dari beberapa event yang telah dilangsungkan di Jakarta. Pada 2017 tercatat ada 53 event, sementara pada 2018 tepatnya hingga Agustus 2018, tercatat telah ada 93 event yang diselenggarakan.

Tak hanya itu, saat ini pun ada sekira enam penerbangan yang melayani rute Jakarta ke Yogyakarta, yakni maskapai Garuda Indonesia, Air Asia, Lion Air, Citilink, Batik Air dan Sriwijaya Air. Frekuensi penerbangan rute Jakarta-Yogyakarta itu sebanyak 34 kali dari Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdanakusuma.

Tak hanya itu, rute penerbangan dari Jakarta menuju ke Jawa Tengah (Semarang), telah dilayani oleh lima maskapai penerbangan, yakni Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia dan Citilink. Jumlah frekuensi penerbangan rute Jakarta-Jawa Tengah ini sebanyak 41 kali dari Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini