Selain Bikin Tidur Nyenyak, Ini Manfaat Keju Parmesan yang Perlu Kamu Kepoin!

Fienca Amelia , Jurnalis · Kamis 20 September 2018 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 20 481 1953175 selain-bikin-tidur-nyenyak-ini-manfaat-keju-parmesan-yang-perlu-kamu-kepoin-yt7M5qbcmN.jpg Keju Parmesan (Foto: Boldsky)

Keju parmesan merupakan keju yang sering ditemukan dalam makananan Italia seperti spageti, pizza, dan caesar salad. Selain memperkaya rasa pada hidangan, ternyata keju juga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Keju yang terbuat dari susu sapi ini, konon adalah keju yang paling sehat, karena mengandung kalsium, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, magnesium, potassium, karbohidrat, dan protein. Dilansir Okezone dari Boldsky,  Kamis (20/9/2018) inilah 7 manfaat keju parmesan bagi kesehatan tubuh.

Baca juga:

1. Memperkuat tulang dan gigi

Sama halnya dengan susu, keju parmesan mengandung kalsium tinggi yaitu 1.109 mg per 100 gram. Kalsium berfungsi untuk memperkuat tulang dan gigi Anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Cases in Mineral and Bone Metabolism, ini juga mengandung vitamin D yang bekerja sama dengan kalsium untuk mencapai massa tulang dan menjaga kesehatan tulang.

2. Membantu pembentukan otot

Orang-orang yang gemar pasti tahu jika ingin membangun otot perbanyak konsumsi telur. Telur memiliki protein yang tinggi dan dipercaya bagus untuk pembentukan otot. Selain telur, keju parmesan memiliki jumlah protein yang bagus yang diperlukan untuk memperbaiki dan memelihara jaringan dan otot tubuh. Protein ada di setiap sel di tubuh Anda baik itu kulit, otot, organ dan kelenjar dan sangat penting untuk fungsi regeneratif dan pemeliharaan tubuh.

3. Membuat tidur menjadi nyenyak

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi keju parmesan akan meningkatkan kualitas tidur . Karena keju mengandung tryptophan yang digunakan tubuh untuk membantu membuat niasin, serotonin dan melatonin. Serotonin akan memperbaiki kualitas tidur menjadi sehat dan melatonin memberikan suasana bahagia. Ini mengurangi tingkat stres dan meningkatkan rileks sehingga Anda bisa tidur dengan cepat dan nyenyak.

4. Meningkatkan pengelihatan

Keju Parmesan mengandung 865 IU vitamin A dan vitamin yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan pada mata. Tubuh manusia membutuhkan vitamin A untuk kesehatan kulit, mata dan rambut. Ii juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Eye Institute, vitamin A dapat menurunkan risoko berkembang degenerasi macula terkait usia.

5. Membantu fungsi sistem saraf

Manfaat lain dari keju parmesan adalah dapat membantu dalam berfungsinya sistem saraf. Hal ini karena adanya vitamin B12, juga dikenal sebagai cobalamin, yang merupakan unsur utama dalam produksi sel darah merah dan fungsi otak Anda.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Keju Parmesan dikemas dengan probiotik dan nutrisi. Ini dapat meningkatkan bakteri baik dalam usus. Usus yang sehat dan efektif mampu melawan infeksi bakteri, melindungi Anda dari berbagai kondisi kesehatan .

7. Mencegah kanker hati

Menurut sebuah studi dari Texas A & M University, keju parmesan adalah keju yang mengandung senyawa yang disebut spermidine. Senyawa ini membantu menghentikan sel-sel hati yang rusak dari bereplikasi. Ini juga dapat membantu meningkatkan umur panjang dan mencegah kanker hati.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini