nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amanda Zevannya Bagikan Pengalaman Masuk Rumah Sakit karena Hyperemesis Gravidarum saat Hamil

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 20 September 2018 19:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 20 481 1953267 amanda-zevannya-bagikan-pengalaman-masuk-rumah-sakit-karena-hyperemesis-gravidarum-saat-hamil-Z42oULAWFJ.jpg Amanda Zevannya (Foto: Instagram)

KEHAMILAN selalu membawa cerita tersendiri bagi seorang perempuan. Terlebih janin yang sedang dikandung merupakan anak pertama. Hal ini juga tengah dirasakan oleh Amanda Zevannya.

Perempuan yang berprofesi sebagai presenter itu kini tengah mengandung anak pertamanya. Usia kandungan Amanda saat ini sudah memasuki 25 minggu. Tentu banyak pengalaman yang dia dapatkan selama hamil.

Runner Up 1 Miss Indonesia 2011 itu membagikan ceritanya melalui fitur Insta Story. Berdasarkan pantauan Okezone, Kamis (20/9/2018), cukup banyak cerita yang dibagikan oleh Amanda. Mulai dari terkena Hyperemesis Gravidarum hingga rutinitas yang tetap dilakukannya selama hamil.

 

 (Baca Juga:Kekebalan Tubuh Ibu Selama Hamil Pengaruhi Perkembangan Otak Janin)

Amanda mengaku di kehamilan pertamanya ini dia tidak mengalami yang namanya ‘ngidam’. Hanya saja dia harus merasakan mual dan muntah yang begitu hebat hingga usia kandungan memasuki 17 minggu karena mengealami Hyperemesis Gravidarum. Biasanya ibu hamil yang mengalaminya akan mual dan muntah berlebihan hingga bisa menyebabkan dehidrasi, kehilangan berat badan, dan kesulitan untuk makan sesuatu. Hal inilah yang dirasakan oleh Amanda.

Tiap malem muntah-muntah sampe cape, sampe lemes di toilet,” tulisnya.

Kondisi itu membuat berat badannya turun hingga 2,5 kg. Bahkan perempuan berusia 27 tahun itu sempat masuk rumah sakit karena langsung muntah walaupun hanya minum air putih. Beruntung masa-masa itu kini telah berlalu. Berat badannya pun telah naik sebanyak 5 kg.

 

 (Baca Juga:Ada Cacing Pita Bersarang di Otak Pria Ini, Kok Bisa?)

Amanda juga tidak lupa untuk terus berolahraga. Sebelum hamil, dirinya memang rutin berolahraga khususnya latihan di gym. Namun saat ini dirinya memutuskan beristirahat dulu dari gym.

Olahraga selama hamil itu bagus dan kalo memang kehamilannya ngga bermasalah, malah baiknya tetap olahraga. Tapi olahraga yg boleh selama hamil itu cuma renang, yoga, pilates, dan jalan santai. That’s why I quit the gym sampe lahiran nanti, dan ambil kelas prenatal pilates skrg. Karena dulu biasa olahraga, skrg kalo ga olahraga aneh rasanya sih hehehe..,” paparnya.

Sementara itu, tidak seperti ibu hamil pada umumnya yang terkadang enggan mengenakan pemakaian produk perawatan kulit, Amanda menuturkan bila dirinya malah semakin rajin. “Soalnya kulitku cenderung kering dan kulit kering itu risiko stretch mark nya lebih tinggi. Skrg malah tambah rajin scrubbing, pake lotion, pake stretch mark prevention oil and cream, maskeran, dll,” pungkasnya.

(tam)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini