nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suka Nge-gym? Sebaiknya Hindari Memakai 5 Hal Ini

Firda Janati, Jurnalis · Kamis 20 September 2018 20:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 20 481 1953383 suka-nge-gym-sebaiknya-hindari-memakai-5-hal-ini-OFKGHHk5Ps.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BICARA soal gym, tidak hanya seberapa ideal tubuh yang ingin kamu dapatkan nanti. Tapi juga harus memerhatikan pakaian, sepatu, serta kebiasaan yang sering kamu lakukan.

Memilih pakaian dan sepatu untuk ngegym tak boleh sembarangan karena dapat memengaruhi hasil. Oleh karena itu, sangat penting untuk memerhatikan beberapa hal sebelum kamu memutuskan untuk melakukan olahraga kekinian ini. Dikutip Okezone dari Womenshealthmag, Kamis (20/9/2018), ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan ngegym.

1. Hindari pakaian 100% katun

Saat nge-gym perlu untuk memakai pakaian yang mudah menyerap keringat. Menurut Navya Mysore, seorang dokter di One Medical, New York, Amerika Serikat, pakaian yang mudah menyerap keringat akan semakin besar kemungkinannya untuk bakteri berkembang biak.

“Jika ada area terbuka pada kulit (luka) yang terkana pakaian olahraga penuh bakteri, dapat menyebabkan infeksi jamur," katanya.

 (Baca Juga:Sepatu Stiletto dari Spons Cuci Piring Dijual Rp13 Jutaan dan Langsung Sold Out)

2. Hindari sepatu yang sudah lusuh

Memakai sepatu penting saat fitnes, pastikan sepatu kamu memiliki bantalan untuk menjaga pergelangan kaki dari cedera dan penyerapan yang bagus. Menurut Jasmine Marcus, ahli terapi fisik di Ithaca, New York, tak penting seberapa tren dan bagusnya sepatu tersebut, yang terpenting adalah sepatu memiliki kualitas yang baik. Kualitas sepatu yang dipakai dapat berpengaruh pada lutut dan pinggul.

 

3. Memakai bra khusus olahraga

Selain mengenakan pakaian dan sepatu, Anda juga harus memp]erhatikan bra yang dipakai ketika akan nge-gym. Menurut Darria Long Gillespie, sport bra sangat mendukung Anda saat latihan. Jika kamu menggunakan bra yang kendur atau bra yang tidak elastis, hal itu dapat mempercepat payudara kamu kendur.

 (Baca Juga:5 Model Rambut Ini Dicap Teraneh Sepanjang Masa, Nomer 2 Bikin Ngakak!)

4. Pakaian terlalu ketat atau terlalu longgar

Celana pendek atau celana legging akan membuat kamu sulit untuk membungkuk atau jongkok. “Pakaian tidak boleh terlalu ketat karena dapat membatasi sirkulasi," kata Robert Herst, seorang pelatih gym professional.

Pakaian yang terlalu longgar juga sebenarnya harus dihindari, pakaian longgar membuat kamu sulit untuk bergerak dan tidak menutup kemungkinan pakaian tersebut dapat menyangkut di antara alat-alat gym.

5. Perhiasan dan wajah penuh riasan

Sebenarnya apa hal yang terpenting bagi kamu untuk ngegym? Kamu harus memerhatikan fungsi nge-gym sebenarnya ketimbang gaya. Lepaskan perhiasaan dan tinggalkan dirumah. Memakai riasan saat nge-gym juga tidak ada fungsinya.

“ketika berkeringat, kotoran dan minyak dapat menumpuk di bawah kulit dan memakai riasan malah akan memperburuk keadaan. Timbulnya jerawat dan iritasi," kata Joshua Zeichner direktur penelitian kosmetik di Mount Sinai Hospital di New York, Amerika Serikat.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini