nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jerawat Mulai Keluar karena Hormon? Ini Cara Mengatasinya!

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Jum'at 21 September 2018 22:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 21 194 1953902 jerawat-mulai-keluar-karena-hormon-ini-cara-mengatasinya-6jnpzQid3U.jpg Perawatan Wajah (netdoctor)

JERAWAT karena hormon atau acne vulgaris pada dasarnya sama dengan jenis jerawat lainnya. Namun, biasanya disebut dengan jerawat hormonal karena muncul sebagai akibat dari adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Terutama karena adanya peningkatan hormon androgen seperti testosteron.

Saat kadar androgen meningkat, maka produksi minyak menjadi lebih tinggi. Hal ini menyebabkan adanya perubahan aktivitas pada sel kulit yang akhirnya bisa memicu peradangan. Tak hanya itu, berkembangnya folikel rambut oleh bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) ini kemudian bisa menyebabkan jerawat. Lantas, bagaimana cara mengatasi jerawat karena hormon secara alami?

Baca juga:  Jangan Pakai Alasan "Makan Buat Dua Orang" saat Hamil, Ini Bahayanya

Jerawat

Cara mengatasi jerawat karena hormon secara alami

Jika Anda termasuk orang yang takut menggunakan obat jerawat dari dokter, maka Anda bisa menggunakan berbagai cara berikut untuk mengatasi jerawat karena hormon yang masih tergolong ringan.

1. Tea tree oil

Tea tree oil alias minyak pohon teh dikenal mampu mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan jerawat. Dikutip dari Healthline, penelitian menunjukkan bahwa sebanyak lima persen tea tree oil yang dioleskan langsung dapat membantu menghilangkan gejala jerawat ringan hingga sedang.

 Baca juga: Intip Tingginya Jambul 'Bunderan HI Menuju Tugu Monas' ala Syahrini!

Anda bisa menggunakan produk tea tree oil yang terdapat di berbagai produk perawatan kulit seperti pembersih wajah atau minyak esensial. Namun, jika hendak menggunakan minyak esensial pastikan untuk mengencerkannya terlebih dahulu dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa dan juga minyak zaitun.

Jangan lupa untuk melakukan tes alergi sebelum menggunakan minyak esensial ke kulit. Oleskan bagian yang telah diencerkan ke lengan bawah bagian dalam. Kemudian lihat reaksinya selama 24 jam pertama. Jika tidak menimbulkan reaksi negatif maka Anda mulai bisa menggunakannya di wajah yang berjerawat.

2. Teh hijau

Teh hijau dikenal sebagai antioksidan yang mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Sebagai salah satu usaha untuk mengatasi jerawat karena hormon, Anda bisa minum teh hijau setiap harinya. Selain diminum, Anda juga bisa menggunakan losion atau gel jerawat yang juga mengandung minimal dua persen ekstrak teh hijau.

Baca juga: Jangan Pakai Alasan "Makan Buat Dua Orang" saat Hamil, Ini Bahayanya

 Jerawat

3. Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Alpha Hydroxy Acid (AHA) adalah kelompok asam alami yang berasal dari tanaman. AHA dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang berlebih dan menyumbat pori. Pori yang tersumbat merupakan salah satu faktor penyebab jerawat yang sudah tidak asing lagi.

Anda bisa menemukan AHA dalam produk perawatan kulit yang banyak dijual di pasaran. Namun, karena AHA dapat meningkatkan kepekaan kulit terhadap sinar matahari maka selalu gunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini