nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

AC hingga Memakai Bra Salah Ukuran, 5 Hal Tak Terduga yang Dapat Memicu Sakit Kepala

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 21 September 2018 08:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 21 481 1953511 ac-hingga-memakai-bra-salah-ukuran-5-hal-tak-terduga-yang-dapat-memicu-sakit-kepala-IwMoEcSGGk.jpg

DISEBUTKAN sakit kepala dan migrain adalah penyakit paling umum ketiga di dunia. Sakit kepala dapat menyerang secara tiba-tiba dan membuat diri merasa lelah, mual hingga lemas. Penelitian telah menunjukkan bahwa penyakit ini sangat umum sehingga sepertiga penduduk dunia mengalami penderitaan ini setiap hari.

Penyebab datangnya rasa sakit kepala selain yang sudah jelas diketahui selama ini, ternyata juga bisa diakibatkan oleh beberapa hal tak terduga. Apa saja faktor tak terduga pemicu sakit kepala tersebut? Menyitat Dailymail, Jumat (21/9/2018) berikut lima hal tidak terduga yang bisa menjadi pemicu datangnya sakit kepala.

1. Air Conditioner (AC)

Sehari-hari kita begitu akrab dengan pendingin ruangan bukan? Di rumah pakai AC, di kantor pun pasti terkena paparan AC, belum lagi di tempat lainnya. Nah, pendingin udara di ruangan ini disebutkan pada dasarnya berpotensi menjadi penyebab datangnya sakit kepala. Sebab, AC menghilangkan semua uap air dari udara yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Ditambah lagi unit pendingin udara dapat menjadi tempat bersirkulasinya debu dan jamur, sehingga jika kita rentan terhadap alergi ini akhirnya dapat membuat saluran sinus bengkak dan terhambat. Selain itu, seperti dilapor Sporteluxe, ada fakta bahwa ketika suhu terlalu dingin, pembuluh darah di otak bisa berkontraksi, inilah yang mengakibatkan sakit kepala.

2. Jenis makanan tertentu

Jika Anda sakit kepala setelah makan, ini mungkin bisa disebabkan karena mengonsumsi makanan tertentu. Contohnya seperti alkohol, cokelat dan kafein yang telah diidentifikasi sebagai pemicu migrain.

Di luar itu, makanan lain terutama yang sudah lama, diasinkan, atau diasapi juga disebutkan sebagai penyebab beberapa kejadian sakit kepala. Sebab, makanan ini secara alami mengandung senyawa yang disebut Tyromine.

3. Postur tubuh yang kurang baik

Memposisikan tubuh dengan posisi rendah dan membungkuk tidak hanya buruk untuk bentuk postur, hal ini juga diketahui dapat menjadi penyebab sakit kepala tegang. Sakit kepala tegang umumnya ditandai dengan rasa sakit yang konstan dan perasaan tertekan di sekitar kepala, yang biasanya disebabkan oleh kontraksi otot atau ketegangan kronis di daerah kepala dan leher.

4. Perubahan cuaca

Ya, Anda tak salah membaca. Disebutkan memang perubahan cuaca bisa menjadi pemicu sakit kepala pada beberapa orang. Hal ini karena perubahan tekanan yang mempengaruhi cuaca menyebabkan ketidakseimbangan dalam saraf otak, termasuk serotonin, yang dapat memicu migrain. Faktor pemicu ini juga dapat memperburuk sakit kepala yang disebabkan oleh pemicu lainnya.

(Baca Juga: 10 Wanita Cantik nan Seksi Asal Israel, Pasti Bikin Para Pria Berkhayal)


5. Memakai bra yang tidak pas

Tahukah bahwa memaksakan mengenakan bra ukuran yang salah untuk bentuk tubuh, juga bisa menjadi faktor penyebab mengapa sakit kepala bisa datang. Paula Svoboda, spesialis bra yang berbasis di Sydney mengatakan, memakai bra dengan ukuran yang salah, terlalu ketat atau terlalu longgar lalu ditambah bersama dengan berat payudara itu sendiri dapat menyebabkan stres pada bahu yang kemudian mengarah pada leher, namun lebih seringnya karena mengenakan bra yang terlalu longgar.

Klaim Paula ini, didukung oleh penelitian Triumph tahun 2008, yang menemukan bahwa 70 persen wanita yang disurvei memakai bra yang terlalu kecil, sementara 10 persen mengenakan desain terlalu besar.

(Baca Juga: 10 Transgender Ini Cantiknya Gak Kalah dengan Perempuan Asli, Lihat Saja Sendiri!)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini